Berita

BPKAD Gelar Sosialisasi Aplikasi SIKAP

  •   pipito
  •   27 Juni 2022
  •   2:50pm
  •   Berita
  •   490 kali dilihat

Balikpapan- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Kaltim  menggelar Kegiatan Sosialisasi Penyempurnaan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Untuk Aset Persediaan (SIKAP) tahun anggaran 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai penyempurnaan aplikasi pengadaan barang dan jasa dilingkungan Pemprov Kaltim, diselenggarakan di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (27/6/2022).

Sekretaris BPKAD, Fahmi Prima Laksana menyampaikan aplikasi yang ada saat sini telah berjalan, namun dilakukan penyempurnaan sehingga, beberapa hal baru perlu disosialisasikan untuk lebih dipahami.

Kegiatan ini diikuti 117 SKPD dengan rincian 45 SKPD dan UPTD dengan jumlah peserta kurang lebih 234 orang dilaksanakan selama dua hari yakni, pada tanggal 27 hingga 28 Juni 2022, terangnya.

Ditambahkannya dengan kegiatan ini Sumber Daya Manusia (SDM) dari Perangkat Daerah (PD) ada peningkatan keilmuan dalam penggunaan aplikasi ini.

"Meningkatnya SDM untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan persediaan yang baik dan benar. Serta mengenalkan penyempurnaan pengembangan aplikasi," ungkapnya.

Kemudian, dapat mempermudah pemakaian program bilamana ada penambahan fitur baru diperlukan, termasuk penyesuaian regulasi, terkait tata cara pelaksanaan pembukuan dan pelaporan menggabungkan tipe, sambungnya.

Ketua Panitia sekaligus selaku Kepala Pengelolaan Barang Milik Daerah Pemprov Kaltim, Abdul Munif menyampaikan tujuan kegiatan ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan pencatatan barang dilingkungan PD dan UPTD Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

"Berharap sistem pencatatan barang persediaan yang transparan dan akuntabel, dapat diikuti oleh seluruh pengurus barang pembantu di lingkungan Pemerintah provinsi Kalimantan Timur," harapnya. (pt)

Foto; IST