Berita

Besok, Diskominfo Kaltim akan Gelar Bimtek Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi seluruh KIM Kabupaten dan Kota

  •   Ceppy
  •   21 Juli 2024
  •   11:08am
  •   Berita
  •   278 kali dilihat

Samarinda - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) adalah mitra strategis pemerintah dalam diseminasi informasi terkait kebijakan dan program daerah, serta sebagai wadah inovasi bagi masyarakat.

Dalam rangka pembinaan dan pendampingan KIM agar dapat mengoptimalkan fungsi dan perannya dalam penyebarluasan informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan (KIM.id) bagi seluruh KIM di kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Acara ini akan berlangsung pada Senin, 22 Juli 2024 di Hotel Fugo Samarinda.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) dan Kehumasan Diskominfo Kaltim, Irene Yuriantini, menyampaikan bahwa sesuai instruksi dari pusat, semua KIM diwajibkan terdaftar di KIM.id.

“Dengan terdaftar di platform tersebut, otomatis KIM ini dapat membagikan informasinya lebih luas lagi , bahkan jika ada kegiatan yang unik dan menarik, dapat pula diikutsertakan dalam kompetisi KIM di skala Nasional seperti yang telah ada selama ini” tutur Irene

Senada, Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda, Awang Fauzan Rahman, mengungkapkan bahwa lokakarya ini pertama kali diadakan di Kalimantan Timur, dengan menargetkan partisipasi seluruh pengurus KIM di 10 kabupaten/kota di Kaltim. Sebelumnya, Diskominfo Kaltim telah banyak melaksanakan berbagai agenda terkait KIM di daerah etam ini.

"Mulai dari sosialisasi di Kaltim, visitasi (kunjungan dan studi tiru) ke KIM luar daerah, hingga keikutsertaan KIM dalam ajang nasional tahunan KIM Fest 2023 yang menghantarkan Kaltim meraih penghargaan sebagai KIM Adaptif Nasional," terang Fauzan (sapaan akrab).

Pemerintah dari tingkat nasional hingga daerah terus berkomitmen untuk membina dan mendampingi KIM agar terus berkembang sebagai saluran informasi dari dan untuk masyarakat.

“Kita terus dampingi dan upgrading bersama-sama KIM di Kaltim. Peran KIM sangat luar biasa di daerah. Harapannya KIM terus tumbuh dan maju sebagai komunitas yang informatif dan inovatif di daerahnya masing-masing” imbuhnya.

Bimtek ini akan menghadirkan dua narasumber, yaitu Pranata Humas Ahli Madya Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Helmi Hafid, dan Business Analyst KIM.id, Mochamad Wendy. Peserta akan diberikan wawasan dan keterampilan dalam mengelola dan mengoptimalkan platform agar semakin mahir dan cakap digital.(cpy/pt)