Berita

Beri Arahan Kepada Kader PKK, Yulia Zubir Akmal: Kita Mitra Kerja Pemerintah

  •   Khajjar Rohmah
  •   1 Maret 2024
  •   9:34pm
  •   Berita
  •   151 kali dilihat

Ujoh Bilang - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Timur (TP PKK Kaltim), dr. Yulia Zubir Akmal memberikan arahan kepada para kader TP PKK se-Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Dalam arahannya itu, ia menekankan peran TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah. Sehingga dalam menyinergikan program-program pemberdayaan masyarakat, sudah sepatutnya PKK tegak lurus bersama pemerintah.

"Kita ini mitra kerja pemerintah, jadi kita setara. Tidak lebih tinggi, juga tidak lebih rendah. Sejajar. Perannya sama, menyejahterakan masyarakat," kata Yulia Zubir Akmal di hadapan puluhan kader PKK Kabupaten Mahulu yang hadir di Balai Adat Ujoh Bilang, Jumat (1/3/2024).

Istri Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik ini menyampaikan arahan materi berjudul, "Kebijakan Program PKK dalam Mendukung Mitra Kerja Pemerintah". Arahan tersebut disampaikan saat kunjungan kerja TP PKK Kaltim di Kabupaten Mahulu.

Lebih lanjut, ia menuturkan TP PKK sebagai gerakan nasional, tumbuh dan berkembang dari bawah. Dengan pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga sejahtera.

Tujuan gerakan PKK adalah untuk memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraannya yang akan berimplikasi pada kemakmuran masyarakat.

Adapun landasan hukum pelaksanaan gerakan PKK, telah diatur dalam Perpres Nomor 99 Tahun 2017 serta Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

"Dari regulasi itu, disebutkan bahwa hubungan kerja antara TP PKK dengan pemerintah ataupun lembaga kemasyarakatan yang memiliki kepedulian terhadap PKK, bersifat Kemitraan," tegas Yulia.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kolaborasi dan sinergitas antara PKK dan pemerintah dapat memberikan dampak positif pada program-program pemberdayaan masyarakat. (KRV/pt)