Berita

Balikpapan Tuan Rumah Haornas 2022

  •   Khajjar Rohmah
  •   28 Agustus 2022
  •   8:32am
  •   Berita
  •   1555 kali dilihat

Balikpapan - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2022. Sejumlah kegiatan berskala nasional pun akan digelar sebagai rangkaian pendukung acara Haornas di Kota Minyak ini. 

 

Dimulai dengan lomba lari Balikpapan 10K yang akan digelar pada 4 September 2022 mendatang yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Lalu ada Festival Perahu Sandeq yang akan digelar pada 9 September 2022 di Pantai Manggar dan Balikpapan Super Block (BSB). 

 

Kepala Dinas Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma mengatakan, rangkaian event Haornas akan melibatkan pejabat dari pusat, pelajar, TNI, Polri, veteran hingga masyarakat umum. 

 

Kegiatan puncak acara Haornas akan dipusatkan di Stadion Batakan pada 9 September 2022. Dijadwalkan, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) akan hadir langsung pada puncak perayaan Haornas di Kota Beriman. Selain itu, para pejabat kementerian dan gubernur seluruh Indonesia juga dijadwalkan hadir. 

 

 “Total massa sekitar 20 sampai 30 ribu peserta pada puncak Haornas,” ungkap Kadisporapar Balikpapan, Cokorda Ratih Kusuma. 

 

Mempertimbangkan potensi kunjungan tamu yang begitu besar, pihaknya kini tengah melakukan persiapan dan rapat bersama Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). 

 

"Karena perhotelan akan penuh terisi melayani peserta Haornas," imbuhnya. 

 

Disporapar Balikpapan juga akan berkoordinasi dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah untuk menawarkan destinasi wisata yang ada di Kota Beriman. Misalnya pantai, bakau dan destinasi wisata unggulan lain. 

 

Termasuk menyiapkan wisata belanja, UMKM, kuliner, dan ekonomi kreatif. Ia optimis, kegiatan nasional ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. (KRV/pt)

 

Sumber: Prokal.co