Bantuan

Pemprov Kaltim Serahkan Bantuan Sosial Rp 14.682 Miliar

  •   prabawati
  •   5 Desember 2022
  •   4:27pm
  •   Bantuan
  •   672 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan bantuan sosial terencana yang nilainnya mencapai Rp 14.682 miliar di tahun 2022.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat paling tidak bisa membantu meringankan beban penerima agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ungkap Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam laporan pada kegiatan Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Pendopo Odah Etam, Senin (5/12).

Dirinya merincikan bantuan sosial terencana Rp 14.682 miliar yang diberikan kepada masyarakat yakni untuk penyandang disabilitas se Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur sebanyak Rp7,951 miliar untuk 7.951 orang dimana masing-masing mendapatkan Rp 1 juta.

Kemudian bantuan veteran berjumlah Rp 362 miliar untuk 181 orang dengan masing-masing per orang mendapatkan Rp 2 juta. Sedangkan, janda veteran mendapatkan bantuan Rp 453 untuk jumlah penerima 302 Orang dengan masing-masing orang mendapatkan Rp 1,5 juta.

Selanjutnya, bantuan lembaga kesejahteraan sosial anak se Kabupaten dan Kota senilai Rp 4.861 miliar untuk 91 Lembaga.

Sedangkan, bantuan untuk lembaga kesejahteraan sosial lanjut usia senilai Rp1,055 miliar bagi 8 Lembaga.

Dalam kesempatan tersebut Andi mengatakan bantuan yang diserahkan sebagai wujud komitmen, partisipasi dan kepedulian pemerintah provinsi dalam memberikan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas khususnya di Kaltim.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Peraturan Daerah No 1 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas  telah berupaya membuat landasan dalam menjamin penghormatan, perlindungan & pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Kalimantan Timur. (Prb/ty).