Artikel

Tips Praktis untuk Mengolah Daging Kurban agar Lezat dan Empuk  

  •   pipito
  •   2 Juli 2023
  •   9:56am
  •   Artikel
  •   3972 kali dilihat

Samarinda- Dalam mengolah daging kurban, baik dari kambing maupun sapi, diperlukan metode yang berbeda daripada mengolah daging ayam atau ikan. Kesalahan dalam pengolahan daging kurban bisa menyebabkan tekstur yang keras dan aroma yang kurang sedap. Untuk itu, berikut ini adalah tips praktis untuk mengolah daging kurban agar lezat dan empuk:

Pertama, Diamkan Sejenak sebelum Dimasak
Setelah mendapatkan daging kurban, sebaiknya diamkan sejenak sebelum dimasak. Setelah dipotong dan dikuliti, biarkan daging kurban beristirahat sejenak agar otot-ototnya dapat mengendur. Proses ini dikenal dengan istilah pelayuan. Selain itu, kamu juga dapat membungkus daging dengan daun pepaya untuk membuatnya lebih empuk.

Kedua, Tidak Perlu Mencuci Daging
Hindari mencuci daging sapi atau kambing sebelum mengolahnya. Sebagai gantinya, bungkus daging dengan daun pepaya sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Lakukan dua lapisan daun pepaya dan plastik untuk menjaga kualitas dan kebersihan daging.

Ketiga, Gunakan Nanas sebagai Pelunak Daging
Sebelum mengolah daging, lumurilah dengan nanas. Nanas memiliki khasiat untuk menghilangkan aroma tak sedap pada daging dan membuatnya lebih empuk. Bromelin, enzim yang terkandung dalam nanas, dapat melunakkan serat-serat pada daging. Potong nanas menjadi kecil-kecil, balurkan di atas daging, lalu diamkan selama 15-30 menit sebelum dicuci bersih.

Keempat, Gunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Aroma Tak Sedap
Selain nanas, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk melumuri daging. Jeruk nipis membantu menetralisir aroma tak sedap pada daging kurban.

Kelima, Trimming untuk Menghilangkan Lemak Berlebih
Aroma prengus pada daging sering kali berasal dari bagian lemak yang berwarna putih. Gunakan metode trimming untuk membuang bagian lemak tersebut. Tetapi, sisakan sedikit lemak agar masakan tetap memiliki cita rasa yang gurih.

Keenam, Rebus dengan Air Mendidih
Salah satu cara untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan panci presto atau panci biasa. Pastikan air dalam panci telah mendidih sebelum daging dimasukkan.

Terakhir, Tambahkan Rempah pada Air Rebusan
Saat merebus daging, tambahkan berbagai rempah untuk menghilangkan aroma tak sedap. Beberapa rempah yang dapat digunakan antara lain pala, daun jeruk, biji lawang, atau kayu manis. Gunakan secukupnya agar daging kurban Idul Adha yang akan diolah memiliki rasa yang empuk dan sedap. (pt)


Berbagai Sumber