Artikel

Simpan Daging Kurban dengan Benar untuk Menjaga Nutrisinya

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   28 Juni 2023
  •   8:44pm
  •   Artikel
  •   3515 kali dilihat

 

Samarinda - Umat Islam di seluruh dunia merayakan Hari Raya Iduladha pada tanggal 10 Dzulhijjah. Selain dikenal sebagai Hari Raya Kurban, hari tersebut juga menjadi momen bagi umat Islam untuk menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Daging kurban ini kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan mereka yang membutuhkan.

Bagi mereka yang menerima daging kurban dan ingin menyimpannya di dalam kulkas, penting untuk menggunakan metode yang tepat agar kualitas dan gizi daging sapi atau kambing tetap terjaga dan dapat bertahan lama.

Cara penyimpanan yang tidak benar dapat membuat daging mudah busuk dan akhirnya terbuang percuma. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menyimpan daging kurban agar tetap tahan lama, mengutip berbagai sumber.

Jika Anda menerima daging kurban dan tidak berencana untuk segera memasaknya, sebaiknya jangan mencucinya terlebih dahulu. Mencuci daging dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dan air yang meresap ke dalam serat daging akan menyebabkan penurunan kualitasnya.

Anda dapat membersihkan daging dengan menggunakan tisu dapur hanya pada bagian yang kotor, kemudian masukkan ke dalam kulkas.

Daging mentah tidak akan bertahan lama jika cara penyimpanannya tidak benar. Selain menjaga agar daging tidak dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup.

Perlu diingat bahwa daging kurban yang diberikan biasanya memiliki ukuran yang berbeda. Daging kambing umumnya memiliki ukuran lebih kecil, sedangkan daging sapi cenderung lebih besar.

Untuk memudahkan penyimpanan, Anda dapat memotong daging terlebih dahulu dan kemudian memasukkannya ke dalam wadah yang tertutup. Hal ini juga mempermudah saat ingin mengeluarkan daging di kemudian hari.

Setelah daging dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup, Anda juga dapat menyimpannya di dalam freezer agar dapat bertahan lebih lama. Freezer membantu menjaga kesegaran daging dan mencegah pertumbuhan mikroorganisme.

Selain itu, penyimpanan daging kurban di dalam freezer juga dapat menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan pembusukan. Daging kurban yang dibekukan di dalam freezer dapat bertahan hingga 12 bulan. (cht/pt)