Artikel

Kenal Lebih Dekat dengan Super Puma TNI AU, Helikopter yang Temani Presiden Telusuri Bumi Etam.

  •   Sefty Wulandari
  •   21 September 2023
  •   4:59pm
  •   Artikel
  •   4811 kali dilihat

Kenal Lebih Dekat dengan Super Puma TNI AU, Helikopter yang Temani Presiden Telusuri Bumi Etam.

Samarinda - Helikopter berwarna merah putih dengan logo bintang emas di badannya, disiagakan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di Samarinda. Sebanyak 3 (tiga) Helikopter Super Prima TNI AU diantaranya HELI I (H-3204, 7 orang): HELI II (H-3206, 10 orang), HELI III (H-3211, 10 orang): bersiaga di kawasan helipad Stadion Gelora Kadrie Oening.





 

Dilansir dari PT DI, Helikopter kepresidenan jenis Super Puma ini mampu terbang dengan kecepatan 280 km per jam, helikopter ini masuk dalam kategori helikopter medium yang bisa mengangkut hingga 24 orang penumpang. Daya angkutnya mencapai 20 ton dan punya daya jangkauan sejauh 450 km.

Helikopter dengan nomor ekor H-3204 dan bendera merah putih itu sebelumnya berwarna putih dan abu-abu. Heli itu dioperasikan oleh Skadron Udara 45 yang merupakan Skadron angkut khusus VIP/VVIP. Skadron udara ini khusus digunakan Presiden maupun Wakil Presiden untuk kunjungan kerja ke daerah, yang secara keseluruhan pemeliharaannya berada di bawah Kementerian Sekretariat dan pengoperasian pesawat di bawah koordinasi Sekretariat Militer Presiden.



Seperti halnya pada agenda RI 1 selama 3 (tiga) hari di Kaltim ini yakni mulai dari 21-23 Desember 2023. Ketiga heli ini akan menemani kunjungan Presiden Jokowi beserta jajaran menelusuri Bumi Etam.
Deretan helikopter dengan nomor lambung H-3204, H-3206, dan H-3211 tersebut terus mendapat perawatan rutin agar dapat terus tampil prima dan menemani serta melayani Presiden. (sef/pt)

Foto : Istimewa