Aplikasi

Pembukaan Bimtek SISPARNAS

  •   Hendra Saputra
  •   12 September 2022
  •   4:34am
  •   Aplikasi
  •   714 kali dilihat

Samarinda - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Prov. Kaltim, H.M. Syrajudin membuka Bimtek Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional (SISPARNAS).

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, digelar di Hotel Grand Sawit Samarinda, mulai 11 hingga 13 September 2022 mendatang.

Tampak hadir  Subkoordinator Pengembangan Masyarakat Sosial dan Budaya, Fery Suprapto, kepala Badan Pusat Statistik Prov. Kaltim yang diwakili oleh Lilis Suryani, dan ketua Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda, I Wayan Lanang Nala, Serta peserta perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten/kota Se - Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya,  H.M. Syrajudin berharap seluruh rangkaian kegiatan Bimtek ini dapat diikuti oleh peserta dengan sungguh-sungguh. 

Kenapa demikian? lanjutnya,  agar peserta mendapatkan informasi dan tutorial tata cara pengumpulan dan penginputan data sehingga akan didapatkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, khususnya dalam melengkapi platform SISPARNAS dan penyediaan manajemen data kepariwisataan yang terkelola secara digital dan terintegrasi secara nasional, "ungkapnya dihadapan para peserta, Minggu (11/08/2022) malam.

Sementara itu,  Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kaltim sekaligus Ketua pelaksana Bimtek SISPARNAS,  Ahmad Herwansyah,  menyampaikan bahwa  SISPARNAS itu sendiri  merupakan sebuah Aplikasi Pengumpulan data - data Kepariwisataan.

Ditambahkannya, adapun tujuan Bimtek memberikan pemahaman tentang SISPARNAS dan data apa saja yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu,  iapun menerangkan  bagaimana cara mengumpulkan dan mengunggahnya ke aplikasi SISPARNAS tersebut.

"Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan bagi operator dalam mengumpulkan data kepariwisataan di daerah, "tutupnya. (hend/pt)