Anti Hoax

Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan RI Terkait Konfirmasi Vaksin COVID-19

  •   Ceppy
  •   11 Desember 2023
  •   10:17am
  •   Anti Hoax
  •   3111 kali dilihat

Waspada Modus Penipuan Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan RI Terkait Konfirmasi Vaksin COVID-19

 

Jakarta - Masyarakat diimbau untuk waspada. Hal ini dikarenakan marak modus penipuan via telepon yang mengatasnamakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) untuk menanyakan perihal keikutsertaan vaksinasi Covid-19. Imbauan ini diunggah dalam cerita (story) Instagram Kemenkes RI kemarin, Sabtu (9/12/2023).

 

Adapun, isi himbauan Kemenkes tersebut sebagai berikut:

 

"#Healthies jika ada yang telepon mengatasnamakan Kementerian Kesehatan RI, menanyakan mengenai : "Apakah sudah divaksinasi, tekan 1 jika sudah, tekan 2 jika belum, dapat dipastikan bahwa hal ini adalah HOAKS!"

"Akibatnya fatal, telepon akan diblokir dan diretas, serta semua data perbankan/online banking akan dibobol."

 

Oleh karena itu, Kemenkes RI meminta semua masyarakat agar berhati-hati. Kemenkes RI pun berpesan agar masyarakat mencari informasi resmi dari Kemenkes RI melalu saluran seperti situs web dan akun media sosial resmi Kemenkes RI. Adapun akun resmi Instagram @kemenkes_ri dan YouTube Kementerian Kesehatan RI.

Tindakan phising ini terjadi di tengah kembali maraknya kasus Covid di Indonesia. Kasus positif covid-19 kembali meningkat. Peningkatan kasus Covid-19 dibarengi dengan kenaikan jumlah pemeriksaan. Di sisi lain, ada dugaan varian baru yang memicu tingkat transmisi atau penularan lebih cepat dan lebih mudah menginfeksi masyarakat. Oleh karena itu, Kemenkes RI meminta masyarakat menggunakan masker jika sakit dan menunda perjalanan, melakukan prokes dan melengkapi vaksin Covid-19. (cpy/pt)

 

Sumber : Kementerian Kesehatan RI