Anti Hoax

Pengukuhan Forum Komunikasi KIM Samarinda, 4.600 Anggota Siap Perkuat Literasi Digital Perangi Hoax

  •   Ceppy
  •   16 Desember 2023
  •   8:45pm
  •   Anti Hoax
  •   398 kali dilihat

 

Samarinda - Forum Komunikasi Komunitas Informasi Masyarakat (FK-KIM) kota Samarinda resmi dikukuhkan, Sabtu (16/12/2023).

Mewakili Wali Kota Samarinda Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) kota Samarinda, Ridwan Tasa mengukuhkan insan-insan KIM tersebut.

“Anggota KIM memiliki peranan penting dalam pembangunan di kota ini. Mendekati pemilihan umum ini, anggota KIM memiliki tugas yang lebih berat mendeteksi dini melakukan informasi-informasi strategis dalam rangka menjamin pelaksanaan Pemilu yang akan datang belangsung aman dan kondusif,” ucap Ridwan Tasa

Ridwan juga mengatakan mereka selaku unsur pembina Forum Komunikasi KIM bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda akan turun langsung ke kelurahan-kelurahan membangun kebersamaan, kerukunan dan memikirkan segala hal-hal yang mungkin terjadi sehingga bisa diantisipasi.

“Pemilihan Umum harus belangsung aman dan kondusif. Bapak ibu pengurus maupun anggota telah mendedikasikan dirinya untuk memberikan informasi-informasi yang konstruktif dalam rangka membangun demokrasi di daerah yang kita banggakan,” kata Ridwan lagi.

Diharapkan dengan kehadiran anggota KIM nantinya kedepan lebih bagus dengan informasi yang bertebaran dimana-mana berupa informasi akurat yang memang memberikan terbaik pengetahuan untuk informasi-informasi yang sifatnya positif terhadap masyarakat terhadap masyarakat untuk menbangun daerah.

“Tidak hanya informasi pembangunan, tapi juga melakukan inovasi-inovask dari sisi teknologi sehingga pembangunan untuk mewujudkan Samarinda sebagai kota pusat peradaban semakin cepat terwujud,” imbuhnya.

Sebelumnya kepala Dinas Kominfo Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah mengatakan KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“Di Samarinda terdapat 10 Kecamatan dan 59 Kelurahan, sehingga ada 69 Kepengurusan Forum Komunikasi KIM dan masing masing kepengurusan FK KIM berjumlah 10 orang sehingga bila kita total keseluruhan pengurus KIM di seluruh Samarinda berjumlah 60 orang.

Masing masing KIM kelurahan akan merekrut minimal tiap RT 2 orang anggota, sehingga pengurus dan anggota KIM berjumlah 4.600 orang,” urai Dayat demikian Aji disapa.

Ia menyebutkan mereka yang dikukuhkan adalah orang-orang pilihan, yang selama ini telah terbukti menjadi relawan dengan pengabdian tulus dan ikhlas tanpa pamrih, yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Samarinda, yang tergabung dalam Info Taruna Samarinda.

“Mereka juga yang akan membantu masyarakat dalam meningkatkan literasi digital, sehingga  masyarkat tidak mudah terprovokasi berita berita hoax yang dapat memecah belah keutuhan bangsa, dan sekaligus juga dimanfaatkan untuk membantu UMKM dalam meningkatkan pemasaran produknya masing masing melalui digitalisasi, bahkan ada anggota KIM yang telah membuat aplikasi market place yang akan dimanfaatkan oleh anggota KIM itu sendiri dan masyarakat kota Samarinda,” katanya.

Melalui KIM ini diharapkan pengabdian anggota tersebut, bisa lebih terorganisir dan terkelola dengan lebih baik lagi, sehingga selain bisa menjadi mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi yang positif dalam pembangunan kota, juga bisa menjadi penggerak aktifitas masyarakat baik dibidang informasi maupun pemberdayaan ekonomi yang ujungnya tentu dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi fasilitator untuk pengembangan kelompok Informasi masyarakat. Melalui berbagai kanal komunikasi panggilan darurat 112, akun SP4N LAPOR dan juga fasilitas media social lainnya. Pada hari ini pemerintah kota Samarinda juga menambah  satu lagi saluran komunikasi melalui, radio Handy talky HT dengan frekwensi resmi,” katanya.

Pengukuhan yang dikemas dengan title Ragam Kreatif KIM yang mana terdapat 10 stand UMKM KIM dari 10 kecamatan tersebut dirangkai dengan beberapa kegiatan diantaranya kontes ayam hias serama, atraksi debus yang disajikan kelompok Ragam Budaya dan malam para anggota KIM dan masyarakat akan dihibur music dangdut artis KDI Shoma, Idaw dan Chintya dengan diiringi band PAPRI Kaltim. (diskominfosmr/cpy/pt)