Anti Hoax

Hati-Hati Penipuan! Mengatasnamakan RSUD AW Sjahranie

  •   Khajjar Rohmah
  •   20 September 2022
  •   12:13pm
  •   Anti Hoax
  •   298 kali dilihat

Samarinda – Baru-baru ini beredar gambar di media sosial yang berisi informasi pembayaran Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS). Alamat pembayaran itu ditujukan pada nomor rekening salah satu bank swasta, atas nama Timo.

Informasi tersebut, sepenuhnya hoaks alias palsu. Pihak RSUD AWS tidak pernah mencantumkan nomor rekening pribadi dalam proses pembayaran. Direktur RSUD AWS dr David Masjoer mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menanggapi informasi palsu tersebut.

“Ini adalah penipuan yang menggunakan gambar RSUD AWS, mohon jangan ditanggapi!” tulis dr.David di akun Facebooknya, Minggu (18/9/2022).



Dikonfirmasi terpisah, Kepala Unit Humas RSUD AWS, dr. Arysia Andhina mengatakan, pihaknya telah memberikan pengumuman resmi dimedia sosial rumah sakit terkait informasi hoaks yang baru beredar beberapa hari ini.

Pihak rumah sakit mengaku belum mengetahui siapa oknum pelaku penyebar informasi hoaks atas nama Timo itu. Namun sejauh ini, belum ada korban yang mengirimkan biaya pembayaran ke rekening yang tertera dalam informasi palsu yang beredar.

“Sejauh ini belum ada korban. Hanya bentuk pengaduan saja ke kami terkait informasi hoaks itu,”  ungkap dr. Arysia atau yang akrab disapa dr.Sisi, Selasa (20/9/2022).

dr. Sisi menyebut, jika kasus informasi palsu ini terus berlanjut, pihak rumah sakit akan melakukan pelacakan kepada oknum pelaku penyebar hoaks.

“Kita sudah rilis imbauan resmi melalui medsos resmi rumah sakit. Tapi kalau masih berlanjut, kita bisa lakukan pelacakan melalui data Disdukcapil dan minta bantuan pihak berwajib jika perlu,” tegasnya.

Untuk diketahui, pendaftaran layanan Medical Check Up di RSUD AWS dapat diakses melalui nomor 0821 1475 3949 atau datang langsung ke loket pendaftaran pasien di RSUD AWS Jalan Palang Merah Nomor 1, Samarinda. (KRV/pt)