Agama

Pj Gubernur Kaltim Lepas Kloter Pertama Calon Jemaah Haji

  •   prabawati
  •   14 Mei 2024
  •   6:11pm
  •   Agama
  •   258 kali dilihat

 Balikpapan - Penjabat (Pj) Gubernur Akmal Malik melepas Kelompok terbang (Kloter) pertama calon jemaah haji Embarkasi Balikpapan diberangkatkan ke tanah suci, Selasa (14/5).

 “Alhamdulillah hari ini kita melepas kloter pertama,”ungkapnya.

 Akmal mendoakan calon jemaah haji yang berangkat pada kloter pertama ini senantiasa diberikan kesehatan.

 Dia juga mengingatkan para calon jemaah haji untuk saling membantu satu sama lain, mengingat hampir 30 persen dari mereka yang berangkat dalam Kloter pertama ini berusia di atas 60 tahun.

 “Ibadah haji bukanlah perjalanan biasa. Dibutuhkan kesehatan fisik dan mental. Namun, bapak dan ibu tidak perlu khawatir, pelayanan kesehatan yang diberikan saat ini jauh lebih baik,” ujar Akmal Malik.

 Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan, Mohlis, menyebutkan bahwa Embarkasi Balikpapan tahun 2024 ini akan memberangkatkan jemaah haji ke tanah suci sejumlah 5.936 orang dan jumlah petugas haji 94 orang, yang terbagi menjadi 19 Kloter.

 “Rinciannya, jumlah jemaah Kaltim sebanyak 2.723 orang, Kalimantan Utara 436, Sulawesi Tengah 2.062, dan Sulawesi Utara 715 orang,” kata Mohlis.

 Dia melanjutkan, khusus calon jemaah haji kloter satu asal Balikpapan yang dilepas oleh Akmal Malik berjumlah 319 orang, dengan rincian 130 laki-laki dan 189 perempuan. Ditambah dengan lima petugas haji.

 “Pada kloter pertama ini calon jemaah haji tertua berusia 79 dan termuda 27 tahun. Yang Lansia 58 orang, dan yang pakai kursi roda sembilan orang,” terangnya (*)

 Sumber : Niagaasia