Agama

Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama, MUI Gelar Talkshow: Menjalin Silaturahmi Pasca Pemilu

  •   Khajjar Rohmah
  •   7 Maret 2024
  •   4:37pm
  •   Agama
  •   328 kali dilihat

Samarinda – Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (MUI Kaltim) terus berkomitmen dalam menjaga kerukunan antar umat beragama. Selama kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, patut diakui telah terjadi fenomena polarisasi antar masyarakat yang berseberangan pilihan politik.

Jika terus dibiarkan, hal itu dapat menjadi ancaman perpecahan bagi kerukunan masyarakat. Oleh sebab itu, pasca Pemilu 2024, MUI Kaltim menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya merawat silaturahmi dan kerukunan antar umat beragama di Bumi Etam.

Melalui Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga (KPRK) MUI Kaltim bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan (Fiskep) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim, PW Muslimat NU, Pengurus Wilayah Badan Kontak Majelis Taklim (PW BKMT) serta Perempuan Lintas Agama (Perlita) Provinsi Kaltim, MUI Kaltim menggelar Talkshow dengan tema: “Menjalin Silaturahmi Pasca Pemilu”.



“Alhamdulillah di Kaltim, tidak terjadi pergesekan antar kelompok. Meski ada yang kelahi di medsos tapi tidak sampai terjadi di dunia nyata. Kita harus menyikapi suasana kontestasi politik ini, dengan bijaksana. Jangan sampai menyebabkan kerenggangan kebersamaan,” kata Ketua MUI Provinsi Kaltim, KH Muhammad Rasyid saat membuka kegiatan talkshow di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis (7/3/2024).

 


Hadir sebagai narasumber dalam talkshow tersebut, di antaranya adalah akademisi UNU Kaltim Yusnan Hadi Mochtar, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Samarinda Abdul Muin, dan Ketua MUI Kaltim KH Muhammad Rasyid. Peserta diisi oleh kalangan pelajar serta kelompok ibu-ibu majelis taklim dan muslimat NU. (KRV/pt)