Agama

Bupati Malang Pimpin Rombongan Studi Tiru Ke Baznas Kaltim

  •   prabawati
  •   9 Maret 2024
  •   8:33am
  •   Agama
  •   217 kali dilihat

Samarinda - Bupati Malang, H.M. Sanusi memimpin rombongan Baznas Kabupaten Malang dan beberapa Kepala SKPD lingkup berkunjung ke Samarinda, Kalimantan pada Rabu 6 Maret 2024 lalu.

 Kunjungan ini dalam rangka studi tiru ke Baznas Kaltim. Rombongan pun diterima di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim. Hadir mewakili Gubernur Kaltim, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Syirajuddin, Ketua Baznas Kaltim, Achmad Nabhan.

 Tampak hadir Ketua Dewan  Pengawas (Dewas) BAZNAS Kaltim Jauhar Efendi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim, Pimpinan Muhammadiyah dan Pimpinan Nahdlatul Ulama Kaltim serta seluruh Pimpinan Baznas Kaltim dan staf pelaksana.

 Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Prov Kaltim  Syirajuddin menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan silaturahmi jajaran BAZNAS Kabupaten Malang dan jajaran Pemkab Malang yang dipimpin langsung Bupati Malang.

 Bupati Malang Sanusi menyampaikan berbagai program unggulan BAZNAS Kabupaten Malang yang cukup menarik. Antara lain Bupati bersama Kepala SKPD setiap hari Jum'at melakukan "shuling" (subuh keliling). Lokasinya di Kecamatan maupun di desa-desa terpilih.

 Usai jamaah sholat subuh, dilanjutkan dengan "Sapa Warga" dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan dari BAZNAS kepada kaum dhuafa.

Selain itu, lanjut Bupati Malang, yang tidak kalah menariknya BAZNAS Kabupaten Malang memiliki program bedah rumah bagi warga masyarakat yang tidak mampu di tahun 2023, BAZNAS membantu program bedah rumah sebanyak 419 unit. Setiap unit rumah dapat bantuan antara 15 - 20 juta rupiah.

 Program kegiatan lain, kata Bupati Malang  adalah pemberian beasiswa satu orang per keluarga bagi anak yang orang tuanya tidak mampu membiayai untuk melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi. Beasiswa diberikan selama perkuliahan sampai tuntas (lulus).

 Selanjutnya giliran BAZNAS Kaltim juga menjelaskan tentang potensi zakat di Kaltim cukup tinggi, tetapi perolehan pengumpulan zakat, infak dan shodaqoh relatif masih belum menggembirakan. Kendatipun demikian, pengumpulan ZIS sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 Menurut Ketua Dewan  Pengawas (Dewas) BAZNAS Kaltim Jauhar Efendi suasana silaturahmi cukup akrab dan hangat. Kedua belah pihak saling memuji terkait kinerja BAZNAS.

 Pada sesi tanya jawab, Jauhar menjelaskan, kenapa di Kaltim ada Dewas, karena pada periode kepemimpinan sebelumnya, kinerja BAZNAS cukup rendah dan mengalami krisis kepercayaan, maka pada saat itu diusulkanlah adanya Dewan Pengawas  sebagai Wakil Pemerintah Provinsi untuk mengawasi jalannya BAZNAS.

 Selain itu, juga diusulkan agar "unsur Pimpinan BAZNAS maupun Dewas dibiayai dari APBD. Tidak boleh mengambil jatah amil, sehingga unsur pimpinan tidak disibukkan lagi dengan urusan pendapatan, dan hanya fokus pada strategi peningkatan pengumpulan ZIS dan strategi pendisitribusian", pungkas Jauhar.

 Usai tanya jawab, dilanjutkan dengan kunjungan ke Kantor Sekretariat BAZNAS, sambil saling bertukar informasi untuk meningkatkan kinerja masing-masing. (MJE).