Transportasi

Pantau Arus Mudik, Kapolda Kaltim Pastikan Keberangkatan Keselamatan Penumpang Aman dan Nyaman

  •   Rizky Yusuf
  •   6 April 2024
  •   5:03pm
  •   Transportasi
  •   191 kali dilihat

Balikpapan - Dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran tahun 2024, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Drs Nanang Avianto melakukan peninjauan langsung di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Pelabuhan Semayang, Jumat (5/4/2024).

Dalam tinjauannya Kapolda didampingi oleh Kapolresta Balikpapan KBP Anton Firmanto, KSOP, KPLP, Kapolsek Pelabuhan (AKP Hari Purnomo), Kasi Humas Polresta Balikpapan, serta fungsi pendukung lainnya. Turut mendampingi Kapolda Karo Ops, Dir Lantas, Dir Polair, Kabid Humas, serta Staf Spripim Kapolda.

Dalam keterangannya, Nanang Avianto menyampaikan bahwa pihaknya akan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama arus mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

Langkah ini diambil guna memastikan seluruh proses keberangkatan dan keselamatan penumpang berjalan dengan aman dan nyaman.

Nanang juga mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap modus kriminalitas seperti hipnotis atau pembiusan yang sering menimpa para pemudik. Tidak hanya itu, kepolisian juga akan melakukan pengamanan di objek wisata bagi para pemudik yang meninggalkan Kalimantan Timur.

"Ini sebagai langkah konkret dalam memperkuat kerjasama antara instansi terkait dalam menjaga keamanan di sektor transportasi udara dan laut di Kalimantan Timur,"Jelas Nanang Avianto.

Dalam upaya mencegah kejahatan pencurian, Kapolda Kaltim juga mengimbau agar rumah-rumah yang ditinggalkan oleh pemudik dapat dititipkan kepada tetangga atau ketua RT setempat. Hal ini diharapkan dapat mengurangi risiko kejahatan selama pemudik berada di luar rumah.

Selain meninjau arus mudik di Pelabuhan Semayang, Kapolda Kaltim juga melakukan peninjauan langsung terhadap kondisi kapal KM Bukit Siguntang yang tujuan ke Makassar.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa alat keselamatan kapal sesuai dengan jumlah penumpangnya, demi menjaga keselamatan seluruh penumpang yang menggunakan transportasi laut dalam perjalanan mudik Lebaran tahun ini. (Rey/pt)