Transportasi

Masyarakat Diingatkan Untuk Menghindari Perantara Dalam Pembelian Tiket Kapal

  •   prabawati
  •   9 April 2024
  •   2:17pm
  •   Transportasi
  •   308 kali dilihat

Samarinda - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas  1 balikpapan CAPT Bharto Ari Raharjo memberikan imbauan penting kepada masyarakat terkait keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan laut.

Dalam imbauannya, otoritas pelabuhan menegaskan bahwa setiap penumpang diwajibkan untuk memastikan keberadaan tiket sebelum menuju ke pelabuhan.

"Pembelian tiket harus dilakukan secara langsung tanpa melalui perantara untuk menghindari kerugian,"terangnya saat memberikan imbaun, Selasa (9/4).

Dia juga mengingatkan semua penumpang untuk tidak percaya pada omongan dari individu yang tidak dikenal. Telah terjadi beberapa kejadian penipuan dan pencaloan yang telah dilaporkan.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terhadap kesesuaian antara tiket dan identitas penumpang untuk menjaga keamanan dan ketertiban di pelabuhan.

Lebih lanjut, Penumpang diminta untuk membawa barang bawaan yang penting saja demi menghindari gangguan kenyamanan di kapal serta merepotkan penumpang lainnya.

'Dilarang keras membawa senjata tajam, senjata api, hewan peliharaan dan narkoba. Pelanggaran terhadap aturan ini akan dikenai sanksi yang berat sesuai dengan hukum yang berlaku," tegasnya.

Dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif, pihaknya mengutamakan bagi penumpang yang memiliki anak-anak, para lansia, dan penumpang dengan kebutuhan khusus lainnya untuk naik ke kapal terlebih dahulu.

Masyarakat pun diingatkan untuk mematuhi aturan yang berlaku di pelabuhan, termasuk prosedur jalur masuk, proses check-in, dan pembawaan barang sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, diharapkan perjalanan laut dapat berjalan dengan aman, nyaman dan tertib bagi semua penumpang. (Prb/ty).