Transportasi

Bandara APT Pranoto Samarinda Tambah Empat Extra Flight Untuk Arus Mudik Lebaran

  •   prabawati
  •   6 April 2024
  •   1:32pm
  •   Transportasi
  •   449 kali dilihat

Samarinda - Sebagai langkah antisipasi tingginya arus mudik lebaran, Bandara Bandara Aji PangeranTumenggung (APT) Pranoto Samarinda menambah empat penerbangan tambahan (extra flight).

 Upaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan puncak arus mudik Lebaran 2024. Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU Kelas I APT Pranoto Dwi Muji, saat menjadi pembicara pada saat menjadi pembicara pada dialog maskapai penerbangan tingkatkan layanan mudik secara virtual, Sabtu (6/4).

 "Alhamdulillah tahun ini ada penambahan empat extra flight yakni  ke surabaya dua kali dan jakarta dua kali,"terangnya.

Penambahan tersebut berdasarkan prediksi lonjakan arus mudik yang mencapai 22 persen di Kalimantan Timur. Untuk armada mencapai peningkatan 30 persen sementara jumlah penumpang yang sudah tercatat sebesar 20 persen dari total penumpang tahun lalu.

Mengantisipasi kemungkinan penumpukan di area cek-in counter telah ditambah sehingga distribusi penumpang dapat lebih merata. Selain itu, penumpang yang tidak membawa bagasi diarahkan untuk melakukan cek-in secara online guna mengurangi kepadatan di terminal bandara.

Untuk memastikan kelancaran operasional, berbagai langkah telah diambil, termasuk peningkatan fasilitas, kesiapan personel, dan penerapan SOP. Kerjasama dengan pihak terkait, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Meteorologi, dan mitra lainnya, juga telah dilakukan untuk memastikan perjalanan berjalan dengan baik, lancar, dan aman.

Selain itu juga ada penambahan dua unit garbarata untuk memudahkan akses penumpang dari ruang tunggu ke pesawat.

 Tambahnya angkutan lebaran tahun ini ada yang spesial yakni penambahan extra flight ke Surabaya yang terbang jam 19.30 wita, memungkinkan masyarakat yang masih bekerja untuk berangkat di sore hari atau malam. (Prb/ty).