Teknologi

Tiga Poin Penting Dalam Sosialisasi TV Digital

  •   resa septy
  •   21 Juli 2021
  •   9:12pm
  •   Teknologi
  •   128 kali dilihat
  •  

SAMARINDA - Kalimantan Timur kini tengah mempersiapkan diri untuk Sosialisasi TV Digital yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Kaltim mendapatkan giliran setelah Provinsi Banten, Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara yang sudah terlebih dahulu melakukan sosialisasi tersebut.

Webiner Sosialisasi TV Digital 2021 dengan tema “Dukung Migrasi TV Digital Indonesia” pada Provinsi Kaltim ini akan diselenggarakan besok tepatnya pada, Kamis, 22 Juli 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Untuk diketahui, selain dapat diikuti secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan sosialisasi ini juga disiarkan langsung dikanal Youtube serta Facebook Kemkominfo.

Komisioner sekaligus Koordinator Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Penyiaran (PS2P) KPID Kaltim, Ali Yamin Ishak berharap dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi tersebut, dapat menjadi jawaban atas kebingungan yang tengah dirasakan sebagian besar masyarakat.

Harapan juga ditujukan kepada pelaku industri TV lokal khususnya yang masih analog di Kaltim, agar mendapatkan penjelasan lebih rinci kaitannya dengan migrasi digital. Sehingga persiapan dapat dilakukan lebih matang.

“Di Kaltim kurang lebih ada 10 pelaku industri TV lokal yang masih analog. Ini yang kita harap besok mereka mendapat angin segar dari Pemerintah dan juga pemegang mux nya,” ucap Ali saat dihubungi melalui panggilan telepon, Rabu (21/7).

Selain itu, terpacunya minat pelaku usaha industri kreatif atau content creator juga sangat diharapkan. Itulah alasan diungkapkan Ali mengapa beberapa Perguruan Tinggi di Kaltim turut diundang mengikuti sosialisasi. Generasi muda yang juga bagian daripada conten creator inilah yang diharap mampu unjuk diri masuk dalam siaran TV Digital.

“Kita juga berharap, mereka anak-anak muda atau conten creator juga mendapatkan informasi bahwa ada peluang usaha baru untuk conten creator maupun PH lokal masuk di TV Digital dengan biaya yang murah dan cara yang mudah,” pungkasnya mengakhiri wawancara. (resa/as)