Teknologi

Soft Launching Aplikasi Trace Report, Bekerja Dimana Saja Laporkan Kapan Saja

  •   rizki yusuf rey
  •   17 Februari 2022
  •   9:42pm
  •   Teknologi
  •   255 kali dilihat
  •  

Samarinda - Saat ini kita memasuki era revolusi 4.0, dimana peran revolusi digital sangat besar di dalam masyarakat, ditandai dengan penggabungan informasi dan teknologi komunikasi di segala bidang.

Hal itulah yang menginisiasi Karya Samudera Sukses (KSS) untuk membuat suatu inovasi berupa Aplikasi Trace Report (TR) yang resmi di lauching pada hari ini, Kamis(17/2/2022) di Hotel Mercure Jalan Mulawarman.

Mewakili Wali Kota Samarinda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Dr Aji Syarif Hidayatullah dalam kesempatan itu sangat menyambut baik dan mendukung inovasi yang dibuat oleh anak-anak putra Kaltim terlebih kepada pihak KSS grup. Menurutnya, aplikasi tersebut sangat bagus sekali terutama bagi perusahaan maupun instansi yang memiliki pegawai/ karyawan yang banyak.

"Dinas kebersihan misalnya memiliki tukang sapu jalan sebanyak 500 orang. Dengan adanya aplikasi tersebut, dapat melihat langsung dan tidak perlu lagi untuk memantau siapa yangbersih-bersih pada hari itu. Hebatnya lagi didalam aplikasi tersebut dapat langsung menentukan pendapatan gaji karyawan,"ujar Dayat sapaan akrabnya.

Aji Syarif Hidayatullah juga mengaku dirinya akan lebih senang jika para programmer lokal yang berkarya dan berinovasi, apalagi dengan ditetapkan Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru. Pihaknya juga akan menindaklanjuti dalam hal ini dibawa ke Pemerintah Kota (pemkot) dan aplikasi itu akan dipresentasikan ulang secara mendetail.

“Tidak menutup kemungkinan, juga dapat diterapkan di kota Samarinda terutama Perangkat Daerah (PD) yang banyak seperti Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Dinas Kebersihan yang nanti akan kita coba untuk dipresentasikan kepada PD-PD tersebut,”ucapnya.

Mengenai keamanan data dari aplikasi tersebut, Dayat memastikan keamanan data pengguna Aplikasi tersebut haruslah tetap aman dari kebocoran data pribadi. Diperlukannya sertivikasi oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), tambahnya.

"Harus ada sertifikat dari BSSN. Jadi kalau dia menyimpannya di Cloud servernya, mereka harus ada sertivikat yang betul-betul memang ada jaminan keamanan. Karena kalau bekerja sama dengan Pemerintah pasti ada dokumen-dokumen pemerintahan yang kita share, siapa yang menjamin kemamanannya? Kita harus menjamin keamanan itu. Jadi ga ada yang boleh bocor. Jadi saya sudah ingatkan bahwa keamanan datanya harus ada  jaminanannya," jelas Dayat.

Untuk mengakses aplikasi tersebut bisa di download melalui Playstore yang tersedia di Smartphone. Dalam Aplikasi ini pengguna akan di untungkan oleh empat keunggulan diantaranya bisa menjadi project manajemen, kedua bisa menjadi media komunikasi. Ketiga bisa melakukan absensi dan yang terakhir tracking karyawan. (rey/pt)