Teknologi

Sinergi Bangun SPBE, Wujudkan Birokrasi Berkinerja Tinggi

  •   Teguh Prasetyo
  •   14 September 2021
  •   8:53am
  •   Teknologi
  •   298 kali dilihat
  •  

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim akan mengadakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim. Acara direncanakan pada hari Kamis 16 September 2021 yang akan datang, di Hotel Midtown Samarinda.

Tema yang diangkat pada Rakortek lusa adalah "Melalui Rapat Kerja Teknis SPBE Kita Wujudkan Pelayanan Prima, Transparan dan Akuntabel”.

Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mempunyai tujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel dan meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE.

Kepala Seksi Pengelolaan E-Goverment, Bambang Kukilo Argo Suryo mengungkapkan mau menggugah seluruh OPD dalam pemanfaatan SPBE.

“Sebenarnya SPBE ini bukan milik Kominfo aja karena leading sektornya itu berada di Sekretaris Daerah,” ungkap Kiki sapaan akrab Kepala Seksi Pengelolaan E-Government.

Tim inti koordinasi SPBE di Pemerintahan Daerah adalah Sekretaris Daerah melalui Biro Organisasi, Badan Perencanaan Daerah, BPKAD, KOMINFO kemudian OPD Pelaksana.
Tujuan SPBE adalah mewujudkan pemerintahan bersih, akuntabel dan transparan. Oleh karena itu didalam tim teknis SPBE, tugas Biro Organisasi integrasi proses, sedangkan Bappeda mengkoordinasikan perencanaan SPBE, di BPKAD mengkoordinasikan pengganggarannya serta di KOMINFO adalah koordinasi pembangunan aplikasi dan manajemen asset TIK, tambah Kiki saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (14/9).

Ada 3 (tiga) unsur penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu: Penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai pengungkit dalam pelaksanaannya dan yang terakhir adalah kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing, imbuhnya.

Rencana induk SPBE tahun 2018 – 2025 memiliki Visi Terwujudnya sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Nara Sumber yang dijadwalkan akan hadir adalah Mohamad Adhisyanda Aditya dari INIXINDO dan dari Universitas Mulawarman. (tp/pt)