Teknologi

Literasi Digital Menjadi Satu Pilar Penting Dalam Transformasi Digital

  •   Dira Samad
  •   16 Agustus 2021
  •   9:00pm
  •   Teknologi
  •   153 kali dilihat
  •  

Jakarta – ICT Watch bersama Whatsapp dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar acara Peluncuran Program jaWAra Internet Sehat yang diikuti oleh 60 orang jaWAra Internet Sehat dari 28 Provinsi – 48 Kabupaten/Kota akan bergerak menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di daerah nya masing-masing. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting dan Live Youtube, pada Senin (16/8).

Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel A Pangarapan dalam sambutan nya mengatakan bahwa Literasi digital telah menjadi salah satu pilar penting dalam agenda transformasi digital indonesia yang mana transformasi digital menjadi sebuah kencayaan yang harus dilakukan.

“Kehadiran covid 19 pun telah mendorong kita untuk mempercepat adopsi teknologi digital yang mengakibatkan adanya peningkatan kegiatan masyarakat yang cukup besar di luar digital,” Ujar nya.

Dia juga mengatakan, kehadiran program semacam ini menjadi krusial dalam upaya kita untuk memastikan masyarakat mampu melakukan adopsi teknologi digital dengan aman beretika dan bermanfaat.

“Banyak aplikasi yang bisa di gunakan masyarakat untuk meningkatan produktifitas nya dan kapasitasnya atau pembelajaran-pembelajaran secara digital, dapat disimpulkan bahwa ruang digital telah menjadi bagian atas yang baru, bukan hanya ruang fisik tapi ruang digital juga telah menjadi bagian pada realitas,” Tambahnya.

Dia pula berharap bahwa kondisi ini bisa kita manfaatkan sebagai momentum mendorong percepatan semakin banyak masyarakat yang melakukan kegiatan diluar digital, dan pula Negara Indonesia sudah mendeklarasikan semenjak disahkan nya Undang-undang ITE Tahun 2008.

“Program-program ini adalah kegiatan positif yang perlu didorong, Kemenkominfo pun mengemban mandat dari Presiden sebagai garda depan dalam memimpin upaya Indonesia melakukan percepatan transformasi digital yang salah satunya adalah membangun talenta digital,” Ucapnya

Sedikit ditambahkannya, bahwa yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana meningkatkan kapasitas masyarakat dalam berinovasi untuk penggunaan internet yang sehat dengan meningkatkan kecakapan digital tingkat dasar yang biasa dikenal literasi digital.

“Dengan melakukan literasi digital sebenarnya kita telah meningkatkan kesadaran baru dan kita telah menambahkan pengetahuan yang baru bagaimana masyarakat dapat beraktifitas dengan aman, nyaman dan produktif dan juga mempunyai jati diri yang sebaik-baik nya Indonesia,” Tambahnya.