Teknologi

Kreatifitas Sangat Diperlukan Pada Industri Penyiaran Digital

  •   Ade Putri
  •   25 Agustus 2021
  •   1:39pm
  •   Teknologi
  •   245 kali dilihat
  •  

Samarinda- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Direktorat Pengambangan Pitalebar mengadakan Bimbingan Teknologi (Bimtek) dengan tema Pemanfaatan Infrastruktur Televisi Digital di Indonesia, melalui virtual zoom meeting, Rabu (25/8).

Direktur Pengembangan Pitalebar Kemkominfo RI, Marvels P. Situmorang menuturkan kegiatan Bimtek ini diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali.

“Semua dapat mengikuti bimtek ini baik mereka yang berasal dari ekosistem dunia penyiaran, maupun yang diluar ekosistem penyiaran,” tuturnya.

Dia mengatakan karena dalam waktu dekat industri penyiaran akan beralih dari sistem penyiaran analog ke sistem penyiaran digital, terdapat banyak tantangan yang akan dihadapi dari perubahan industri tersebut.

“Dimana pada sistem penyiaran digital kreatifitas dan konten kreatif itu menjadi sangat mewarnai tumbuh kembangnya industri penyiaran digital ini, oleh karena itu adanya bimtek hari ini sangat bermanfaat bagi kita untuk mempelajari bagaimana membuat konten kreatif yang bisa disalurkan pada penyiaran TV Digital,” katanya penuh semangat.

Berbicara masalah infrastrukur Direktorat Pitalebar bersama TVRI bahu membahu untuk membangun infrastruktur ini di berbagai lokasi.

“Terakhir kami telah membangun di 10 lokasi diantaranya Balikpapan, Singkawang, Sumedang, Cirebon, Kediri,” sebutnya.

Marvels berharap dengan hadirnya infrastruktur digital ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku industri kreatif agar memproduksi konten yang bisa disalurkan melalui sistem penyiaran digital.

“Kita juga menginginkan bahwa infrastruktur penyiaran digital maupun ekosistem informasi penyiaran ini dapat menjadi salah satu tambang ekonomi baru, yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan khususnya pelaku industri penyiaran,” harapnya. (ade/pt)