Teknologi

Kementerian Kominfo Siapkan Situs Web Akses Informasi Publik Ramah Disabilitas

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   15 Mei 2023
  •   8:49am
  •   Teknologi
  •   956 kali dilihat

 

Samarinda - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memiliki tanggung jawab untuk menyusun kebijakan dan standar operasional layanan komunikasi dan informasi publik yang mudah diakses, andal dan responsif terhadap kebutuhan penyandang disabilitas. Karenanya, saat ini Kemenkominfo tengah menyiapkan akses informasi publik yang ramah bagi penyandang disabilitas melalui aplikasi umum berbasis situs web di alamat info.go.id.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Hasyim Gautama menjelaskan, untuk memberikan layanan komunikasi dan informasi publik yang ramah disabilitas, Kemenkominfo menyiapkannya dalam bentuk regulasi berupa rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Layanan Komunikasi dan Informasi Publik yang ramah Bagi Penyandang Disabilitas.

“Saat ini Kementerian Kominfo tengah mengembangkan aplikasi umum layanan informasi publik nasional guna memudahkan penyandang disabilitas dalam mencari informasi publik. Terkait dengan situs web info.go.id, nantinya akan terdapat fitur-fitur yang berguna bagi kelompok disabilitas, di antaranya ada fitur memperbesar teks, memperkecil teks, fitur panduan suara, serta juga bisa mengatur rata kiri-rata kanan. Fitur itu memudahkan bagi disleksia, dan juga untuk berbagai macam ragam dari disabilitas,” jelasnya saat Workshop Mewujudkan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik yang Ramah bagi Penyandang Disabilitas secara daring dan luring baru-baru ini.

Menurut Direktur Hasyim Gautama, layanan komunikasi dan informasi publik yang inklusif  dan mudah diakses merupakan hal yang krusial saat ini. Oleh karena itu, keberadaan layanan informasi publik menjadi acuan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang valid.

”Selain itu, juga menjadi penyediaan informasi publik yang mudah diakses. Oleh karena itu, Kominfo terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan informasi dan komunikasi publik oleh badan publik,” kata Hasyim.

Dirinya berharap, keberadaan aplikasi umum ini dapat membantu meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk membangun aplikasi sejenis.

Workshop Mewujudkan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik yang Ramah bagi Penyandang Disabilitas merupakan rangkaian acara Open Government Week 2023. Ditujukan untuk berbagi pengalaman dalam pengembangan aplikasi layanan yang memudahkan akses bagi penyandang disabilitas. Workshop itu merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Open Government Indonesia dan Suarise. (cht/pt)