Teknologi

JSC Jajaki Kerjasama Dengan Pemprov Kaltim

  •   Teguh Prasetyo
  •   17 Mei 2022
  •   5:17pm
  •   Teknologi
  •   107 kali dilihat
  •  

Samarinda – Jakarta Smart City (JSC) merupakan salah satu BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) dibawah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

JSC jajaki kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim melakukan pertemuan melalui zoom meeting, Selasa (17/5/2022).

Langsung dipimpin oleh Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal didampingi Kepala Bidang TIK dan Persandian bersama Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Integrasi Sistem Informasi, Fahmy dan Jafung Pranata Komputer (Prokom), Fery.

Dihadapan Muhammad Faisal, Billy Alkadia memaparkan keunggulan Jakarta Smart City.

“Dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien, Jakarta Smart City mengadopsi konsep kota pintar dengan menerapkan 6 (enam) indikator, yaitu: Smart Governance, Smart Economy, Smart Environment, Smart People, Smart Mobility dan Smart Living,” ungkapnya.

Berdiri sejak akhir tahun 2015, Jakarta Smart City atau JSC diprakarsai untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik di Jakarta.

Teknologi dikembangkan, prosedur ditransformasi menjadi digital, akses dibuka lebar, Pemprov DKI Jakarta melebur dengan masyarakat, semua dilakukan agar Jakarta bisa lebih baik dan lebih ramah untuk membahagiakan warganya. Beberapa aplikasi dan layanan yang terintegrasi dengan Jakarta Smart City, terangnya.

Faisal mengapresiasi peluang kerjasama ini, menginginkan diskusi yang lebih detail dan lanjutan pertemuan. Oleh karena ini saya memberikan PIC dari pihak Kominfo Kaltim untuk menindaklanjuti peluang ini, tukas Faisal.

Pada kesempatan ini Faisal juga meminta kepada Tim JIS untuk memberikan contoh kerjasama yang telah dilakukan JIS, agar bisa dipelajari oleh pihak Diskominfo Kaltim. (tp/pt)