Teknologi

Infrastruktur dan Layanan Berbasis Digital Jadi Usulan Target Nasional Kominfo

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   15 Februari 2022
  •   12:46pm
  •   Teknologi
  •   215 kali dilihat
  •  

Samarinda - Pemerintah terus mengupayakan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi di setiap daerah. Karenanya, pada tahun 2023 mendatang terdapat usulan indikator kinerja dan target nasional urusan Kominfo yang mengutamakan infrastruktur dan layanan berbasis digital ditiap Provinsi.

Dalam pertemuan virtual mengenai pengintegrasian program dan kegiatan perangkat daerah lingkup urusan komunikasi, informatika, statistik dan persandian yang dilakukan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri dan diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim menyebut tersedianya infrastruktur digital dapat membantu akses internet yang disediakan Dinas dan terhubung dengan jaringan intra Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Muhammad Faisal mengungkapkan adanya pemerataan infrastruktur teknologi informasi terutama di Kaltim nantinya akan sangat membantu dalam urusan layanan berbasis digital, Senin (14/2/2022).

“Saat ini semua butuh teknologi untuk mempercepat penyampaian informasi ke daerah. Kalau di Pemerintahan, layanan berbasis digital sangat diperlukan agar urusan kita dari Pusat, Provinsi sampai Kab/Kota cepat diselesaikan. Layanan publik juga agar lebih mudah dan cepat perlu yang namanya digitalisasi,” ungkapnya.

Untuk urusan lain, banyaknya literasi dan sosialisasi yang mengenai SPBE yang difasilitasi oleh Dinas akan meningkatkan kompetensi masyarakat di bidang digital, sambungnya membeberkan.

Sehingga, layanan publik dan layanan administrasi pemerintahan yang berbasis elektronik bisa terlaksana dengan baik seperti penggunaan aplikasi umum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), tambahnya.

Target Nasional lain diharap meningkatnya penguatan tata kelola informasi dan komunikasi publik (IKP) di daerah, imbuhnya. (cht/pt)