Teknologi

Harus Ciptakan Teknologi Di Era Digitalisasi

  •   resa septy
  •   11 Agustus 2021
  •   10:58am
  •   Teknologi
  •   545 kali dilihat
  •  

Samarinda - Menciptakan teknologi menjadi sebuah keharusan di era digitalisasi saat ini menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Timur, Abdullah Sani.

“Kita harus menciptakan teknologi-teknologi, sehingga bisa mengangkat ekonomi kita, mengangkat bangsa kita di zaman digital ini,” ucap Sani saat ditemui usai mengikuti acara peringatan Hakteknas ke 26 di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (10/8).

Ia meyakini, pengembangan inovasi ini pasti bisa dilakukan oleh sosok-sosok cerdas di seluruh Indonesia. Karya nyata inilah yang nantinya dinilainya mampu mewujudkan Indonesia sebagai produsen teknologi mandiri sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo.

Berbagai upaya diungkapkan Sani akan terus dijalankan oleh Balitbangda Kaltim yang dalam hal ini turut menggandeng semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Perguruan Tinggi untuk melakukan inovasi.

“Balitbangda mengkoordinir, lebih mengangkat Perguruan Tinggi lokal untuk melakukan inovasi-inovasi berkolaborasi dengan OPD,” jelasnya.

Salah satu inovasi yang telah diajukan Balitbangda Kaltim kepada Kementerian Dalam Negeri serta Badan Riset dan Inovasi Nasional dibeberkan Sani ialah The Mountain Of ISRAN (Innovation Sciences and Research Area Network).

Terobosan ini diharapkannya mampu mengangkat peringkat inovasi Kaltim yang sebelumnya berada diposisi ke 31 secara nasional.

“Paling tidak mengangkat peringkat kita yang tadinya di 31. Mudah-mudahan tidak dibuntut lagi, tapi di atas,” tutupnya. (resa/as)