Teknologi

Faisal : Kaltim Siap “Digital Switch On””

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   13 Maret 2022
  •   7:09am
  •   Teknologi
  •   225 kali dilihat
  •  

 

Samarinda - Sesuai dengan target program Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran televisi analog, yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kominfo, yang implementasinya di Provinsi Kaltim bisa mengenalnya dengan Digital Switch On (DSO) akan dimulai pada 30 April 2022.

“Setelah mundur dari tahun lalu walaupun kita sudah siap, akhirnya ASO di Kaltim akan dimulai pada tanggal 30 April 2022 bersamaan dengan 56 wilayah layanan siaran yang terdiri atas 166 Kabupaten/Kota. Khusus Kaltim di wilayah Kaltim-1 dan Kaltim-2,” kata Kadiskominfo Kaltim Muhammad Faisal.

Untuk wilayah Kaltim-1 meliputi kota Samarinda, Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Kertanegara, sedangkan untuk wilayah Kaltim-2 meliputi Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Saat ini saja di Kota Samarinda, hanya dengan bermodalkan antena luar biasa, sudah dapat menikmati 27 channel siaran dengan kualitas yang bagus, bersih dan jernih. Sedangkan di Balikpapan sudah bisa menangkap 24 channel siaran,” lanjutnya sembari promosi.

Nantinya, kurang dari 50 hari pelaksanaan ASO ini di akan dimulai, artinya warga Kaltim harus pula bersiap-siap untuk menikmati siaran digital dengan tampilan gambar yang lebih bagus.

“Mari persiapkan perangkatnya, sudah banyak dijual dengan harga yang terjangkau untuk antenna maupun set the box atau STB jika televisinya belum digital. Dan jangan khawatir pula pengguna TV Kabel dan satelit yang berbayar tidak akan terdampak dengan migrasi ini,” ujar mantan pejabat Pemkot Samarinda ini. (mf)