Teknologi

Diskominfo Terus Bangun Percepatan Transformasi Digital di Kaltim

  •   Teguh Prasetyo
  •   15 Maret 2022
  •   11:35am
  •   Teknologi
  •   182 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim terus lakukan kolaborasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna percepatan transformasi digital di Kalimantan Timur sebagaimana kebijakan strategis untuk mendorong digitalisasi secara masif di daerah.

Tahun 2022 merupakan tahun pertama Diskominfo Kaltim kerjasama dengan Icon+ terkait pembukaan jaringan internet desa.

Untuk kali pertama Diskominfo Kaltim memberi 11 titik Internet Desa di Kabupaten  Paser. antara lain Desa Kasungsai, Legai, Putang, Bente Taulan, Rantau Panjang, Pulau Rantau, Kerang Dayo, Saing Prupuk, Sautang, Kelaung Paser Jaya dan Krayan Jaya.

 "Untuk tahun 2022 biaya kami (Diskominfo Kaltim) yang bayar, dengan kecepatan 50 Mbps, per titik," tukas Muhammad Faisal selaku Kadis Kominfo Kaltim saat melakukan pertemuan dengan Kabupaten Paser dan Icon+ di Dialog Coffee Balikpapan Baru, Selasa, (15/3/2022).

Tahun ini (2022) Dinas Kominfo Kaltim mengalokasikan dana sekitar Rp 900 juta untuk pembukaan jaringan internet desa, ditargetkan  akhir Maret masyarakat dititik yang disebutkan diatas sudah bisa memanfaatkan jaringan internet desa, tambahnya.

Solusi menggunakan Serat Optik yang merupakan saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, serta dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain, urai Faisal.

"Kenapa menggunakan jaringan fiber optik, karena ini menjawab kebutuhan dengan cepat dan biaya murah," jelas Faisal.

Fiber optik digunakan sebagai backbone pada jaringan telekomunikasi. Misalnya untuk menghubungkan jaringan antar pulau, menghubungkan antara kantor cabang, gedung dan lainnya. Kabel fiber optik sangat bermanfaat untuk mentransmisikan jutaan data dari desa ke desa, sambungnya.

Diakhir pertemuan ini Kadis Kominfo Kaltim,Muhammad Faisal mengharapkan agar pembukaan jaringan internet desa ini dapat disosialisasikan ke masyarakat.

Sementara itu, Diwakilkan Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser, Muhammad Erwin Mengucapkan terima kasih atas diberikannya akses internet desa di Kabupaten Paser, ucapnya.

Tampak hadir pada kegiatan ini Kabid TI dan Persandian Dianto beserta seluruh Kepala Seksinya dan Kabid APTIKA Normalina serta jajaran Icon+. (tp/pt)