Statistik

Tingkatkan Kesadaran Data di Era Digital, Diskominfo Kaltim Gelar Seminar Statistik Sektoral

  •   prabawati
  •   14 September 2023
  •   11:13am
  •   Statistik
  •   403 kali dilihat

Balikpapan - Guna mewujudkan satu data Indonesia dan penyajian data yang valid khususnya statistik lintas sektor lainnya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Seminar Statistik Sektoral, kegiatan berlangsung di Hotel Novotel, Kamis (14/9).

Seminar Nasional Satu Data mengangkat tema, "Data Statistik Sektoral Terintegrasi di Era Pemerintahan Digital" dan dirangkai dengan Rapat Kerja Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI).

Pada acara ini, beberapa narasumber utama hadir dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Di era digital saat ini, masyarakat dituntut untuk lebih mahir dan cerdas dalam memahami serta menganalisis data yang berkembang di tengah masyarakat.

Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal menjelaskan bahwa tujuan utama dari seminar ini adalah meningkatkan pemahaman mengenai statistik sektoral dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya data yang terintegrasi dalam era pemerintahan digital.

"Seminar ini berlangsung satu hari, dan rencananya akan diikuti dengan rapat kerja ASKOMPSI pertama tahun 2023," kata Faisal.

Pemanfaatan data statistik sektoral sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai instansi pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas mereka.

Faisal juga mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan untuk mendengarkan paparan dari Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja yang akan memberikan wawasan yang berharga dalam dunia digital yang terus berkembang.

"Mohon masukan dan evaluasi terkait seminar hari ini,"pintanya.

Tampak hadir Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi, Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Provinsi Kaltim Ririn Sari Dewi, Direktur Eksekutif ASKOMPSI, Kepala Dinas Kominfo Kaltim se Indonesia serta Perangkat Daerah Kaltim. (Prb/ty).