Statistik

Koordinasi dan Kolaborasi Kunci Keberhasilan Dalam Tingkatkan Kualitas Data Statistik Sektoral

  •   prabawati
  •   22 Februari 2024
  •   3:57pm
  •   Statistik
  •   413 kali dilihat

Samarinda - Data statistik menjadi landasan utama dalam penyusunan kebijakan di berbagai sektoral yang sangat menentukan keakuratan dan kesesuaian kebijakan yang dibangun.

Di sisi lain, data menjadi pijakan sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan di masing-masing sektoral. Dengan pijakan yang kuat sangat menentukan apakah kebijakan yang dibangun sudah sesuai, tepat sasaran, dan akurat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPS Provinsi Kaltim Yusniar Juliana pada Fullday meeting pembinaan statistik sektoral Provinsi Kaltim tahun 2024, digelar di Hotel Aston, Kamis (22/2).

Yusniar mengatakan dengan data yang jelas dan akurat, kebijakan yang dibangun dapat lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan lebih efektif dalam mencapai tujuan yang ditetapkan

Permintaan data untuk Kalimantan Timur semakin meningkat, terutama setelah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang menunjukkan kebutuhan akan data dalam proses pembangunan di wilayah tersebut.

"Karena itu, kita perlu memiliki alat ukur
untuk memastikan apakah rencana atau target yang ditetapkan sudah bisa tercapai,"terangnya.

Kolaborasi antara berbagai pihak diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan akurasi data statistik yang diperlukan dalam pembuatan kebijakan.

Sementara Kepala Bagian Umum Maibu Barwis Sugiharto mengatakan tujuan utama dari upaya ini adalah untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektorial, sebagai bagian dari visi mewujudkan sistem statistik nasional yang handal, efektif, dan efisien.

Di sisi lain, koordinasi antara lembaga penyedia data dan tim pembina statistik sektoral di BPS menjadi kunci untuk memastikan kelancaran dan kualitas data yang dihasilkan.

Manfaat yang diraih dari kegiatan ini tidak hanya bagi BPS sebagai pembina data statistik, tetapi juga bagi perangkat daerah sebagai produsen data. 

Kegiatan diikuti Perangkat Daerah Kaltim dengan menghadirkan narsum dari BPS, Sekretariat SDI Kaltim dan Ketua Tim Pembina Statistik. (Prb/ty)

 

foto : teguh