Statistik

FGD Pembahasan Data Publikasi Kaltim Dalam Angka 2022

  •   hendra saputra
  •   21 Februari 2022
  •   2:42pm
  •   Statistik
  •   233 kali dilihat
  •  

Samarinda – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur, melaksanakan Acara Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Data Publikasi Kalimantan Timur Dalam Angka 2022, bertempat di Hotel Selyca Mulia Samarinda, Senin (21/2).

Rapat agenda tersebut dibuka oleh Plt Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur, Ir. Nur Wahid dan dihadiri Marinda Dama Prianto selaku Ketua Penyelenggara FGD Provinsi Kaltim, Yudi Wahyudin selaku Pembicara materi standar data statistik Nasional dalam SDI, Pembahasan Data Provinsi Kaltim dalam angka 2022 oleh Khairil Anwar dan para tamu undangan dari Badan, Dinas/Instansi.

Nur Wahid dalam sambutan menyampaikan selama ini Data Statistik sektoral setiap tahun dikompilasi oleh BPS Provinsi Kaltim untuk dimuat dalam Publikasi Kaltim dalam angka.

“Publikasi ini merupakan publikasi yang paling dicari oleh konsumen ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Provinsi Kaltim maupun yang mengakses melalui website BPS Provinsi kaltim (kaltim.bps.go.id),”terangnya.

Sementara itu, Yudi wahyudin selaku pembicara dalam materi FGD ini diantaranya menyampaikan beberapa tujuan dari acara tersebut, yakni: Pertama, memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data. Kedua, mewujudkan ketersediaan data yang akurat,mutakhir,terpadu,dapat dipertanggung jawabkan,sera mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan daerah.

Lanjutnya ketiga, mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data. Terakhir keempat, mendukung Sistem Statistik Nasional (SSN) sesuai Peraturan perundang-undangan. (hend/pt)