Statistik

BPS Gelar FGD Penghimpunan Metadata Statistik Sektoral Untuk Implementasi Satu Data Indonesia

  •   prabawati
  •   20 November 2023
  •   1:49pm
  •   Statistik
  •   339 kali dilihat

Samarinda - Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur menggelar Focus Group Discusiions (FGD) Penghimpun Metadata Statistik Sektoral tahun Kaltim 2023, di Ruang Sigma, Senin (20/11).

 FGD ini merupakan bagian dari implementasi Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Walidata diberi tugas untuk memeriksa kesesuaian data dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI).

 "Kita berkumpul hari ini untuk melakukan  konfirmasi penghimpunan metadata variabel dan indikator sesuai portal coaching sektoral," ungkap Ketua Tim Statistik Sektoral Khairil Anwar.

 Selain itu dilakukan verifikasi dan klarifikasi terhadap pengisian metadata, sekaligus finalisasi metadata statistik sektoral terdiri dari metadata kegiatan,  variabel dan indikator yang nantinya akan ditayangkan di portal satu data Indonesia.

 Khairil menjelaskan bahwa sejak awal tahun sudah melakukan coaching clinic yang dilaksanakan Diskominfo Kaltim dan di bulan Juni melakukan FGD penghimpunan metadata nasional.

 Diharapkan FGD dapat meningkatkan koordinasi antar instansi dalam rangka penyelenggaraan statistik sektoral yang berkualitas akurat, mutakhir update dan dapat dipertanggung jawabkan.

 FGD ini diikuti 43 OPD dilingkungan Pemprov Kaltim, instansi vertikal serta BPS. (Prb/ty).