Statistik

Bina Statistik Sektoral Fokus Dilaksanakan Pada Juli-Oktober 2022.

  •   Sefty Wulandari
  •   22 Juni 2022
  •   4:32pm
  •   Statistik
  •   38 kali dilihat
  •  

Samarinda – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur akan segera menggelar Roadshow kunjungan ke Perangkat Daerah (PD) tahun 2022. Kunjungan tersebut dalam rangka Program Bina Sektoral. Roadshow Program Pembinaan Statistik Sektoral ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap implementasi Satu Data Indonesia (SDI).

Roadshow ini diagendakan selama Kuartal III tahun 2022 yakni Juli-September dengan target finalisasi secara keseluruhan pada bulan Oktober. Adapun bentuk kegiatannya yakni menggabungkan sosialisasi dengan pendampingan secara langsung kepada setiap PD yang menjadi target sasaran.

Hal tersebut dikatakan Yusniar selaku Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Kaltim ditemui saat kunjungan ke Kantor Diskominfo Kaltim, Rabu (22/6/2022).

“BPS Kaltim dalam pelaksanaan kegiatan Program Bina Sektoral terbagi menjadi 6 tim dan secara aktif dan berkala pada setiap minggunya akan mengunjungi yakni 18 PD Provinsi Kaltim, “terang Yunisar.

Lanjut ia tambahkan target dari Bina Sektoral PD yakni diantaranya Rekomendasi, Standar Data, dan Meta Data. Saat menggelar Roadshow nantinya para tim akan dapat mengukur bagaimana kemampuan dari setiap PD selaku produsen data untuk melakukan penyelenggaraan statistik sektoral.

Dalam penyelenggaraan statistik, Indeks Pembangunan Statistik (IPS) merupakan indikator ukuran capaian kematangan (maturity) penyelenggaraan SDI dan kegiatan Statistik Sektoral baik oleh Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Tujuannya yakni untuk mengukur capaian kerja penyelenggaraan SDI dan Statistik Sektoral pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah, IPS jugs digunakan untuk menyusun strategi pembinaan data statistik oleh BPS, urainya.

“Selain diperolehnya pengelolaan dan penyajian yang baik, dengan adanya program ini pun diharapkan mampu memberikan manfaat yang positif terutama dalam meningkatkan literasi dan pemahaman statistik di Kalimantan Timur,”tutupnya. (sw/pt)

Adapun, 18 PD Provinsi Kaltim diantaranya :

  1. Dinas Perhubungan
  2. Dinas Pendidikan & Kebudayaan
  3. Dinas Kesehatan
  4. Dinas Sosial
  5. Dinas Komunikasi dan Informatika
  6. Dinas PU, Penataan Ruang dan Perum Rakyat
  7. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
  8. Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura
  9. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan
  10. Dinas Kelautan dan Perikanan
  11. Dinas Perkebunan
  12. Dinas Kehutanan
  13. Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral
  14. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa
  15. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
  16. Dinas Lingkungan Hidup
  17. Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  18. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah