Statistik

Bimtek Pengolahan Data Statistik Hayati Sebagai Wadah Diskusi dan Evaluasi Administrasi Data

  •   prabawati
  •   28 November 2023
  •   6:50pm
  •   Statistik
  •   413 kali dilihat

Samarinda - Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan Data Statistik Hayati guna meningkatkan keterampilan dalam mengolah data.

Bimtek ini diikuti 50 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi vertikal, dan diselenggarakan di Hotel Aston pada Selasa (28/11).

Kepala BPS Kaltim Yusniar Juliana menekankan bahwa Statistik Hayati mencakup keseluruhan proses, mulai dari pengumpulan hingga evaluasi data peristiwa kependudukan dan peristiwa penting dalam kehidupan.

“Statistik hayati bersifat dinamis; setiap hari, terjadi kelahiran, kematian, dan peristiwa penting lainnya seperti perceraian,” ujarnya.

Statistik hayati yang dinamis ini penting memiliki sistem data yang sangat mutakhir agar catatan kejadian pemring dalam kependudukan terus diperbarui.

Yusniar Juliana mengatakan peran dalam menjaga statistik hayati bukan hanya tugas BPS, melainkan tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat.

Statistik menjadi krusial, karena merupakan aspek dasar dari kebijakan pembangunan, khususnya pembangunan manusia.

Sementara menurut Kepala Bagian Umum BPS Kaltim Maibu Barwis Sugiharto tujuan Bimtek ini adalah sebagai forum bimbingan teknis penghitungan Statistik Hayati dan evaluasi hasil penghitungan indikator statistik hayati pada platform SSHI.

Forum ini juga bertujuan sebagai wadah diskusi untuk mengumpulkan data administrasi dalam bentuk agregat yang dimiliki oleh OPD.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) peningkatan pencatatan kependudukan berdasarkan hasil penghitungan. (Prb/ty)

 

foto : ading