Sosial

Peringati HKSN 2021, Dinsos Kaltim Adakan Lomba Gerak Jalan Napak Tilas Perjuangan Untuk Pelajar

  •   resa septy
  •   20 Desember 2021
  •   4:11pm
  •   Sosial
  •   208 kali dilihat
  •  

Samarinda – Peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021 yang jatuh bertepatan hari ini pada 20 Desember 2021, Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Timur adakan lomba Gerak Jalan Napak Tilas Perjuangan untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat.

Lomba Napak Tilas Perjuangan tersebut akan dimulakan 6 (enam) hari setelah diperingatinya HKSN, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2021 mendatang. Sebagaimana disampaikan Abdul Khair selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Dinsos Prov Kaltim saat menjadi narasumber dalam program siar Ngapeh TVRI Kaltim dengan tema “Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera”, Senin (20/12).

Adapun tujuan daripada dilaksanakannya lomba ini ialah untuk menanamkan kesadaran para pelajar kaitannya dengan nilai-nilai kesetiakawanan sosial, sekaligus mengingat perjuangan para pejuang Kaltim terdahulu.

“Para pendahulu kita itu berjuang tanpa pamrih, tanpa mengharap yang macam-macam. Artinya mereka berjuang tujuannya satu, untuk merdeka. Ini yang ingin kita coba tanamkan sifat kesetiakawanan sosial mereka (pelajar), rasa peduli mereka dengan mengikuti kegiatan tersebut,” ucap Abdul.

Untuk itu para pelajar nantinya diajak menapaki jalan dimulai dari Kecamatan Sambutan menuju Taman Makam Pahlawan tanpa memegang gadget dengan istilah “Libur Sehari Tanpa Gadget”.

“Sambil mengenang perjuangan, kita harapkan dengan kegiatan ini mereka juga sehat. Mereka juga tahu di Samarinda ada titik-titik perjuangan. Saat ini kan masih ada masyarakat kita yang belum tahu titik-titik perjuangan rakyat Kalimantan Timur. Kita berikan kesadaran mereka, dengan menapaki jalan nanti harapannya ada gerakan dari para peserta untuk melakukan hal-hal positif seperti memungut sampah dan lain sebagainya,” tandasnya. (resa/pt)