Sosial

Pererat Silaturahmi, Perkumpulan Kerukunan Keluarga Besar Datu Iba Gelar Halalbihalal

  •   Hendra Saputra
  •   16 Mei 2022
  •   10:25am
  •   Sosial
  •   112 kali dilihat
  •  

Samarinda - Perkumpulan Kerukunan Keluarga Besar Datu Iba (PKKBDI) menggelar Halalbihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan telah berakhirnya bulan suci Ramadan tahun 2022.

Acara tersebut dilaksanakan bertempat di Masjid Al - Mansyur Jalan Dato Iba, Rt. 04, Kel. Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang, Minggu (15/5).

Halalbihalal tersebut turut dihadiri Ketua PKKBDI Iliansyah, Dewan Penasehat PKKBDI, H. Rustam Baraq Noor, Lurah Sungai Keledang Rahmadi, SP, Ketua Panpel  Hermawan, Ketua Rt. 04, Munir, Sejumlah Tokoh Masyarakat serta seluruh Keluarga Besar Datu Iba (Ibrahim), dan tamu undangan dilingkungan Jalan Dato Iba.

Ketua PKKBDI, Iliansyah ditemui seusai acara menyebutkan, kegiatan halalbihalal ini dilakukan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi agar keluarga-keluarga yang tidak kenal agar bisa saling mengenal satu sama lain.

Kemudian lanjutnya karena kita banyak keturunan dari Datu Iba maka kita diharapkan setiap tahunnya rutin diagendakan acara halalbihalal ini dan selanjutnya kita adakan seperti acara arisan dan melaksanakan acara di hari-hari Islam lainnya, terangnya.

Iliansyah menceritakan seorang Datu Iba ini dulunya berada mulai belum ada jalan bagus  seperti sekarang di daerah jalan Dato Iba ini, beliau adalah perintis pertama yang ada disini, sekitar dibawah tahun 70 an.

Nama asli Datu Iba yakni Datu Ibrahim, karena terbiasa dari dulu disebut dengan sebutan Datu Iba.

Beliau ini juga mempunyai istri tiga orang dan mempunyai anak lima orang dan sampailah ke kita cicit - cicitnya ini, urainya menceritakan.

Total keturunan dari Datu Iba itu sampai ke cicitnya ada sekitar 500 sampai dengan 600 orang dan masih terus di data, ungkap Iliansyah membeberkan. (hend/pt)