Sosial

Kenakan Kebaya Nasional, Ibu-ibu Gabungan Organisasi Ikuti PHI

  •   prabawati
  •   22 Desember 2021
  •   12:10pm
  •   Sosial
  •   178 kali dilihat
  •  

Samarinda - Menggenakan setelan kebaya nasional, ibu-ibu berasal dari organisasi perempuan di Kaltim mengikuti puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 93  Provinsi Kalimantan Timur, di ruang Pendopo Odah Etam, Rabu (22/12).

Dalam laporannya Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kaltim, Noryani Sorayalita bahwa acara puncak Peringatan Hari Ibu ke 93 tahun 2021 ini dilaksanakan berdasarkan panduan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Peringatan Hari Ibu dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember. Seperti halnya tahun lalu, peringatan hari ibu tahun ini masih dibayangi oleh pandemi covid 19.

Keprihatinan dan keterpurukan yang dialami akibat pandemi covid 19, turut berdampak pada kehidupan perempuan. Namun ditengah himpitan ekonomi, beban ganda dan berbagai tantangan lainnya, perempuan-perempuan telah banyak mengambil alih peran penting dalam menanggulangi bencana ini.

Jiwa patriotisme perempuan dari zaman sebelum kemerdekaan, termasuk keberhasilan mengadakan kongres Perempuan Pertama pada tahun1928 yang menjadi tonggak pergerakan perempuan.

"Sesungguhnya peringatan hari ibu merupakan bentuk apresiasi bagi semua perumpuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,"sebutnya.

Peserta yang hadir lebih kurang 200 orang, yang terdiri dari  Kepala Perangkat Daerah, lembaga/organisasi masyarakat perempuan, tokoh perempuan dan pemerhati perempuan dan perorangan.

Acara dirangkai dengan pemberian penghargaan pada tokoh perempuan
Pemerhati perempuan dan anak serta pemberian penghargaan pada busana terbaik bagi peserta. (Prb/ty).