Seputar Kaltim

Wali Kota Balikpapan Launching Instrumen Strategis Pemerintah di HUT Kota Balikpapan Ke-125

  •   pipito
  •   10 Februari 2022
  •   4:30pm
  •   Seputar Kaltim
  •   119 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Upacara Hari Jadi ke-125 Kota Balikpapan dilaksanakan di halaman Balai Kota Balikpapan, Kamis (10/2/2022).

Upacara dengan Mengangkat tema "Balikpapan Gotong Royong, Balikpapan Nyaman", dalam acara ini para hadirin mengenakan pakaian adat Mahligai yang diperkenalkan pada Paripurna HUT ke-125 Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, tema hari jadi dipilih karena sangat berkaitan dengan keadaan Kota Balikpapan saat ini. Apalagi banyak agenda penting Kota Balikpapan, yang salah satunya adalah persiapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi memerlukan sinergitas dan kolaborasi semua pihak yang berlandaskan semangat gotong royong. Disaat yang sama juga seluruh pihak bekerjasama menjadikan Balikpapan sebagai rumah yang nyaman, sebutnya.

"Terimakasih atas kontribusi semua pihak atas kemajuan yang diraih Kota Balikpapan selama ini. Meskipun fokus pikiran dan tenaga kita banyak tercurah pada pandemi, namun keberhasilan pembangunan tetap dapat dicapai secara progresif," tuturnya.

Terlebih sejak Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara yang baru, cukup banyak perhatian dan harapan yang ditujukan kepada Kota Balikpapan. Agar berfungsi optimal sebagai penyangga IKN. Baik di masa transisi maupun selanjutnya saat IKN resmi berpindah di Kaltim, sambungnya.

Wali Kota juga menyerahkan 15 Panji-Panji keberhasilan pembangunan, juga 6 (enam) trofi terbaik kedua dan 6 (enam) trofi terbaik ketiga yang diperoleh pada upacara HUT Provinsi Kaltim 2022.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi tolak ukur bagi seluruh jajaran di pemerintahan Kota Balikpapan. Selalu bekerja lebih optimal," ucap Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Pada hari jadi ke-125 Kota Balikpapan, Wali Kota juga melaunching instrumen strategis Pemerintah Kota Balikpapan. Antara lain, kegiatan citra kota Balikpapan, e-Parking dan manajemen lalulintas di Kodim 0905 Balikpapan.

Kemudian, layanan bus sekolah rute Balikpapan Utara berbayar botol plastik, klinik ekspor Balikpapan dan ekspor UMKM Balikpapan, logo Perumda Manuntung Sukses, desain gerbang Kota Balikpapan dan free wifi salah satunya di Gedung Parkir Klandasan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wali Kota kembali mengingatkan masyarakat Kota Balikpapan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. "Itulah mengapa pelaksanaan HUT Kota Balikpapan ini juga kami batasi. Termasuk ceramah akbar yang akan kami siarkan virtual," jelasnya.

Ia pun memohon maaf karena harus melaksanakan ceramah akbar secara terbatas.

"Saya mohon maaf kepada jamaah yang ingin mendengarkan ceramah ustaz Das'at. Kami batasi demi melindungi warga Kota Balikpapan," imbuhnya.

Kegiatan upacara HUT Kota Balikpapan ini kemudian dilanjutkan juga dengan hiburan tari-tarian yang menampilkan keanekaragaman ras dan budaya warga Balikpapan yang beragam. (pt)

 

Sumber; Diskominfo Kota Balikpapan