Seputar Kaltim

Tari Kolosal Ramaikan Peringatan HUT Ke-9 Mahulu Tahun 2022

  •   pipito
  •   16 Desember 2022
  •   4:13pm
  •   Seputar Kaltim
  •   815 kali dilihat

Ujoh Bilang – Segenap eleman pemerintah beserta masyarakat Mahakam Ulu (Mahulu) melaksanakan Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-9 Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Tahun 2022. Upacara yang diikuti dengan penuh hikmat, dilaksanakan di lapangan Kampung Ujoh Bilang, Rabu (14/12/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME, dalam pidatonya menyampaikan HUT Mahulu tahun ini mengangkat tema "Mari Bangkit dan Pulih Bersama, Kita Bangun Mahulu Hebat, Mahulu Kuat dan Maju Lebih Cepat". Dilansir dari laman resmi Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Sandi (Diskominfostandi) Kabupaten Mahakam Ulu .

Pada peringatan tersebut disuguhkan pertunjukkan Tarian Kolosal yang dikolaborasikan dengan beberapa tarian daerah yang dipertunjukan. Tarian kolosal yang dipertunjukan selama kurang lebih 30 menit tersebut berhasil memadukan berbagai macam elemen antraksi dengan unsur seni budaya dalam satu penampilan yang sempurna serta didukung dengan penampilan para penari yang sangat memukau para penonton.

"Mari bergembira tetapi harus tetap waspada, jangan pernah lengah, mari kita bangun dan wujudkan cita-cita bersama agar Kabupaten Mahakam Ulu untuk semua sejahtera dan berkeadilan bisa menjadi sebuah kenyataan," ajak Bupati Bonifasius Belawan.

Dari laman tersebut Bupati menyebutkan tema ini mengandung arti, seluruh lapisan masyarakat siap merapatkan barisan untuk bergerak bersama, untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah melalui kebangkitan bersama, bergotong royong untuk mengatasi semua kendala dan hambatan yang hadir oleh wabah pandemi Covid-19.

“Bersepakat untuk bersatu memperkuat tali persaudaraan dan silaturahmi antar semua lapisan masyarakat dalam bingkai NKRI. Semua kita merasa bangga karena kita mampu membangun suasana kehidupan masyarakat yang sangat guyub dan harmonis, sekali pun Mahakam Ulu merupakan leluhur etnis Dayak namun tidak menghalangi kita untuk membangun daerah ini dengan ciri multi etnis dan multi kultural," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati pun menyampaikan apresiasi dan ucapkan terima kasih yang tulus kepada semua warga Kabupaten Mahakam Ulu terutama kepada tokoh masyarakat dan para pemuka agama, ketua adat dan pimpinan seluruh organisasi kemasyarakatan yang ada di Kabupaten yang kita cintai bersama ini.

Adapun Kemajuan Mahulu, tambahnya dalam segala sinergitas merupakan wujud semua capaian yang merupakan hasil kerja keras kita dalam mengelola jalannya roda pemerintahan, hal ini berpengaruh pula pada keharmonisan yang terjadi pada tatanan kehidupan bermasyarakat, sikapnya toleransi antara umat beragama dan antar umat yang berasal etnis atau suku yang berbeda yang dijaga dengan baik.

Lebih lanjut Bupati juga menyampaikan ada begitu banyak capaian kerja yang sudah terwujudkan, namun capaian yang sungguh membesarkan hati adalah program produksi ketahanan pangan, yang diupayakan bertahap untuk bisa menyediakan kebutuhan beras hasil produksi sendiri, beras unggul yang kualitas, yang terjamin oleh proses tanam yang tidak menggunakan pestisida berbahan kimia.

Menurutnya, kita harus punya tekad yang kuat bahwa daerah yang kita cintai ini suatu waktu nanti harus mampu berswasembada bukan hanya dalam hal produksi beras tetapi juga pada produksi pangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Kesepakatan bersama Transaksi Elektronik Non Tunai antara Pimpinan Cabang Bankaltimtara Ujoh Bilang Faisal Riza, dengan Instansi terkait diantaranya Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung serta SDN, SMP dilingkungan Pemerintah Mahulu.

Kemudian penyerahan penghargaan dalam berbagai bidang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada Pemerintah Mahulu, serta dilanjutkan dengan Defile OPD serta persembahan tarian kolosal, penampilan Persatuan Baris Berbaris (PBB) dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mahulu dan penampilan atraksi Pencak Silat Persatuan Setia Hati Terate Mahulu.|

Tampak hadir membersamai Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun, Sekretaris Daerah Stephanus Madang, Sekretaris Daerah Kutai Barat Ayonius, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat drg. Agustinus Teguh Santoso, Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo, Wakapolres Kutai Barat Kompol I Gede Dharma S, SH, Perwakilan Pemprov Kaltim, Anggota DPRD Mahulu, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Mahulu, Tokoh Masyarakat, Rohaniawan, unsur TNI-Polri, ASN/TNP dilingkungan Pemerintah Mahulu.

 

Sumber; Diskominfostandi Mahakam Ulu
Foto:IST