Seputar Kaltim

Pemkab Kubar Terima Piagam Penghargaan dari OMBUDSMAN RI

  •   pipito
  •   27 Februari 2022
  •   7:35am
  •   Seputar Kaltim
  •   244 kali dilihat
  •  

Sendawar - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat menerima Piagam Penghargaan dari OMBUDSMAN RI. Kegiatan ini sekaligus juga  Penandatanganan Perjanjian Kinerja Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat. Penyerahan dan Pencanangan Satu Perangkat Daerah Satu Inovasi \ Gedung Aji Tulur Jejangkat Setkab, baru-baru ini.

Kegiatan ini disamping untuk menindaklanjuti rekomendasi hasil evaluasi SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Tahun 2020 yang dilakukan Kemenpan RB, juga untuk membangun Komitmen bersama antara Bupati dan seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Kutai Barat, yang termuat dalam RPJMD 2021-2026.

Adapun Perangkat Daerah yang menjadi objek penilaian antara lain adalah Dinas Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu dengan skor nilai 91.34, Dinas Kesehatan dengan skor nilai 98.61, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan skor nilai 95.75, Dinas Pendidikan dengan skor nilai 73.10.

 

Dimana disebutkan melalui pelaksanaan kinerja terukur berdasarkan tugas, fungsi dan wewenang serta sumber daya yang tersedia. Hal ini memerlukan peran serta dukungan seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk terlibat aktif dari proses perencanaan, pengukuran Pelaporan, Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja pada masing-masing perangkat Daerah.

Kesempatan tersebut Bupati Kutai Barat FX. Yapan menyampaikan pesan  bahwa Perjanjian kinerja tahun 2022 yang ditandatangani bersama, hendaknya benar-benar bisa diimplementasikan dan pertanggung jawabkan oleh masing-masing Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Kubar.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, lanjut Bupati katakan para Kepala Perangkat Daerah harus benar-benar memedomani aturan yang ada. Dalam pengabdian saya yakin bagi bapak dan ibu bukan baru saja melayani dan mengabdi negara dan rakyat selama setahun atau dua tahun saja melainkan sudah dalam jangka waktu yang bertahun-tahun jadi sudah terpatri dalam jiwa dan raga sumpah janji PNS.

“Berikut dalam pelaksanaan program kerja saya minta saudara terus lakukan unsur WASKAT yaitu pengawasan melekat. Lakukan evaluasi secara rutin, fokus, serius dan kerjakan dengan penuh dedikasi dan akuntabilitas. Harapan saya seluruh kinerja dan pelayanan bapak ibu sekalian berdampak langsung dalam perwujudan kesejahteraan masyarakat.  Saya juga meminta kepada para kepala perangkat daerah untuk menguatkan komitmen dan selalu meningkatkan integritas dan kinerja, serta akuntabilitas dalam mengelola anggaran masing-masing,” tegas Bupati Kubar.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengapresiasi capaian Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mendapat nilai 89,79 yang dikonversikan menjadi zona hijau (Kepatuhan Tinggi) mendapat peringkat ke- 39 Nasional dari 415 Kabupaten di seluruh Indonesia.

“Bahkan prestasi yang diraih UPTD Puskesmas Barong Tongkok mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas Inovasi TEKA TEKI (Tekan dan Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi) sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021. Mendorong kita untuk menjadi lebih giat mempertahankan bahkan meningkatkan pelayanan agar mendapatkan nilai kepatuhan yang tinggi,”sambungnya.

Terkait Program Satu Perangkat Daerah Satu Inovasi, hal tersebut juga menjadi salah satu upaya pelaksanaan Reformasi Birokrasi, yang mana salah satu sasarannya ialah Birokrasi harus memiliki pelayanan berkualitas yang kedepannya harus menciptakan ide-ide intelektual yang mendukung capaian target kinerja, mengembangkan kreatifitas, mewujudkan sinergitas dari Kepala PD hingga jajaran staf sehingga kinerja yang dihasilkan lebih efektif dan efisien serta mampu berdaya saing. Besar harapan saya setiap oerganisasi Perangkat Daerah memiliki satu inovasi untuk kemudahan dan percepatan pelayanan yang disampaikan kepada Sekretariat Daerah melalui Bagian Organisasi, imbuh Yapan dalam arahannya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Agung Sugara juga menyampaikan rasa terimakasihnya dan memberikan ucapan selamat atas capaian kerja keras dari Kepala Perangkat Daerah beserta jajaran, semoga predikat Nilai Kepatuhan Pelayanan Publik ini dapat kita pertahankan, dan bahkan di tingkatkan lagi pada masa mendatang. Dan semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi Perbaikan Manajemen Kinerja melalui SAKIP, Untuk mewujudkan Kutai Barat Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini Sesuai Dengan Harapan Kita Semua, tutup Agung, turut hadr dalam kegiatan tersebut Asisten, Kepala OPD dan Forkopimda.(pt)

Sumber; prokomkubar