Seputar Kaltim

Empat Kecamatan di Kabupaten Paser di Guncang Gempa Bumi

  •   pipito
  •   2 Maret 2022
  •   8:22pm
  •   Seputar Kaltim
  •   167 kali dilihat
  •  

Tana Paser –  Pengelola Pusat Data Laporan Operasional pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, Hendry Tam menerangkan gempa di Kabupaten Paser terjadi pada pukul 15.16 WITA. Gempa bumi tersebut terjadi di 4 (Empat) kecamatan di Kabupaten Paser mengalami Gempa, Selasa (1/3/2022).

" 4 (empat) kecamatan yang merasakan gempa yaitu Kecamatan Batu Sopang, Pasir Belengkong, Kecamatan Muara Komam dan Tanah Grogot," beber Hendry.

Hendry menerangkan berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang 4 kecamatan tersebut memiliki parameter M=4.5.

Episenter gempa terjadi pada koordinat 1.94 LS dan 115.81 BT, atau tepatnya berlokasi 46 Km Barat Laut Kabupaten Paser.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal," sebut Hendry mengutip keterangan resmi BMKG Balikpapan.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Paser dengan intensitas II-III MMI. Artinya getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, sambungnya.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut, masyarakat diminta tenang, tidak panik, sampai menunggu informasi selanjutnya dari BMKG Balikpapan,"imbau Hendry. (pt)

 

Sumber: Diskominfo Statistik & Persandian Kab Paser