Rubrik

Jangan Lelah Patuhi Prokes dan Lakukan Vaksinasi

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   28 Maret 2021
  •   7:52am
  •   Rubrik
  •   303 kali dilihat
  •  

SAMARINDA-  Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie Samarinda, dr David Hariadi Masjhoer mengingatkan kepada masyarakat, bahwa pandemi Covid-19 di Kaltim belum usai. Dirinya pun menegaskan kepada seluruh masyarakat agar tidak lelah mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Hal tersebut diungkapnya saat mengisi acara Ngobrol Pintar dan Inspiratif di Aston Hotel baru-baru ini.

Menurut dr. David selain tetap mematuhi prokes, hal lain yang harus dilakukan masyarakat adalah menerima vaksinasi yang menjadi program pemerintah untuk membantu menghentikan penyebaran Covid.

Menjaga kesehatan saat ini sangat penting dilakukan. Salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak. Untuk menurunkan jumlah kasus covid-19 di Indonesia, dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak untuk melakukan pencegahan.

 “Pandemi memang memaksa orang-orang melakukan sebagian aktivitasnya dari rumah. Pembatasan pertemuan selama hampir satu tahun ini membuat semua orang jenuh. Efeknya, tak sedikit warga yang memaksakan keluar rumah. Ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi penyebab terjadi penularan virus. Jangan lelah dengan prokes untuk menghindari penyebaran Covid,” terangnya.

Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini dan terciptanya herd immunity.

Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu. Semakin banyak orang yang kebal terhadap suatu penyakit, semakin sulit bagi penyakit tersebut untuk menyebar karena tidak banyak orang yang dapat terinfeksi.

“Partisipasi masyarakat dengan vaksin membantu menyetop penyebaran Covid-19. Harapan terbesar masyarakat juga jangan lelah dengan prokes untuk menghindari penyebaran covid,” imbuhnya. (cht/pt)