Pramuka

Meskipun Virtual, Upacara Hari Pramuka Tetap Khidmat

  •   prabawati
  •   14 Agustus 2021
  •   11:56am
  •   Pramuka
  •   152 kali dilihat
  •  



Samarinda - Peringatan Hari Pramuka ke 60 pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya digelar di lapangan terbuka, namun kali ini diselenggarakan secara virtual, Sabtu (14/8)

Upacara tepat dilaksanakan pukul 10.00 Wita dipimpin langsung Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi yang diikuti Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di 10 Kabupaten dan Kota.



Dalam amanatnya Hadi mengatakan sebagai warga Negara yang selalu berkontribusi dalam pembangunan bangsa maka upacara dilalui dengan perilaku baru untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi saat ini yaitu bertemu secara virtual mentaati proses dan dilakukan dengan singkat tanpa meninggalkan kekhidmatan serta nilai-nilai kepramukaan.

Kalimantan Timur termasuk provinsi yang awal memiliki Gerakan Pramuka dengan diterimanya Panji Gerakan Pramuka dari Kwartir Nasional pada tahun 1961 di Balikpapan.

Dengan demikian maka gerakan Pramuka memang benar-benar sudah tertanam kuat di daerah selama 60 tahun.

Dirinya meyakini bahwa sebagai organisasi pendidikan gerakan Pramuka kan terus mengabdikan dirinya di bidang pembangunan sumber daya manusia yang ber Pancasila dengan pengalaman Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

"Mari kita rayakan peringatan Hari Pramuka ini dengan penuh khidmat dan kesadaran yang lebih tinggi agar Provinsi Kalimantan Timur menjadi daerah yang maju," ajaknya.

Tampak hadir pada acara tersebut Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi.

Acara pun dirangkai dengan pemberian Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) kepada Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi yang diberikan langsung Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Hatta Zainal. (Prb/ty)