Politik

Kesbangpol Kaltim Gelar Rapat Tim Pemantau Perkembangan Politik

  •   prabawati
  •   1 September 2021
  •   7:40pm
  •   Politik
  •   293 kali dilihat
  •  

Samarinda - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kaltim menggelar Rapat Tim Pemantau Perkembangan Politik Daerah yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (1/9).

Saat memimpin rapat, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesbangpol Kaltim Firdaus Kurniawan menjelaskan untuk mengetahui perkembangan politik di daerah dan dalam rangka menciptakan stabilitas politik Pemerintahan yang kondusif, maka perlu dilakukan pemantauan pelaporan dan evaluasi situasi politik secara tertib terkoordinasi dan berkesinambungan.

"Sebagaimana amanat Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2011 maka pada hari ini kami mengumpulkan teman-teman yang telah tergabung dalam tim pemantau perkembangan politik di daerah dalam rangka menghimpun dan merekam berbagai peristiwa terkait," ungkapnya

Firdaus mengatakan antisipasi dini terus dilakukan dengan pemantauan, pelaporan dan evaluasi situasi politik secara tertib, terkoordinasi dan berkesinambungan, sehingga sekecil apapun perkembangan kondisi daerah akan terpantau dengan baik.

"Pemantauan perkembangan politik terus kami lakukan," terangnya.

Bukan hanya pelaksanaan pemilihan gubernur, pemantauan juga dilakukan terhadap ketidakpuasan masyarakat terkait kebijakan pemerintah daerah dan adanya disharmonisasi antara kepala daerah dengan DPRD serta adanya aksi unjuk rasa kelompok-kelompok masyarakat.

Dia mengatakan Kaltim telah membentuk tim pemantauan perkembangan politik di daerah untuk memantau situasi perkembangan politik dan melaksanakan pemantauan kegiatan roda pemerintahan serta menjaga ketenteraman dan ketertiban di masyarakat.

"Kami yakin tim ini akan efektif dan efisien  untuk menjaga kondusifitas daerah," tegas Firdaus.

Dan dari hasil pengawasan Tim Pemantauan Perkembangan Politik Daerah (TP3D) Kaltim terdapat beberapa isu-isu yang berkembang tiga bulan terakhir terkait berbagai masalah politik serta masalah-masalah perkembangan situasi di daerah.  (Prb/As).