Peternakan

Pelatihan Juru Sembelih Halal Ditutup Wakil Gubernur

  •   Bagus Setiawan
  •   1 Juni 2023
  •   3:23pm
  •   Peternakan
  •   595 kali dilihat

Samarinda - Guna memberikan peningkatan jaminan dan mutu produk pangan asal ternak yang Aman, Sehat,Utuh dan Halal (Asuh), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur mengadakan peningkatan Sumberdaya Manusia dengan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha), yang berlangsung dari tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 2023. 

 

Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, acara dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi untuk memberikan sambutan dan secara resmi menutup kegiatan yang berlangsung empat hari tersebut.(1/6 )

Wagub Kaltim mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Hadi Mulyadi mengapresiasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan atas dilaksanakannya Pelatihan Juru Sembelih Halal 2023.

"Pelatihan Juleha ini bukan sekedar halal atau haram dalam penyembelihan, tapi lebih pada kesehatan hewan," kata Wagub Hadi Mulyadi usai menutup Pelatihan Juleha 2023.

Karenanya, selama pelatihan diajarkan tentang kesehatan hewan, seperti bagaimana merawat, memelihara, menyembelih hingga menguliti bahkan mengiris daging hewan tersebut.

"Jadi Juleha ini bukan sekedar sembelih halalnya, tapi menyembelih dengan cara yang baik, sehingga menghasilkan daging yang berkualitas dan dimakan pun kualitasnya baik untuk tubuh, halalan toyyiban, itu intinya," harap orang nomor dua Benua Etam ini.

Untuk diketahui jumlah juru sembelih bersertifikat kompetensi di Kaltim hingga saat ini sebanyak 57 orang tersebar di kabupaten dan kota, terdiri RPH Ruminansia dan Unggas 21 orang, DPW Juleha Kaltim 13 orang dan 23 orang dari organisasi Dakwah Sembelih Kaltim.

Pelatihan Juleha dilaksanakan selama 4 hari, diikuti 20 peserta terdiri 13 dari RPH dan 6 masjid kabupaten/kota, 1 komunitas Juleha DPW Kaltim.

Hadir Kepala BBPKH Cinagara Bogor, BPPSDMP Kementerian Pertanian RI, Dr Wasis Sarjono, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim, pimpinan instansi Vertikal/Kementerian/Lembaga, Kabid Ketahanan Pangan DPTPH Dyah Adyati Yahya, Direktur LPPOM MUI Kaltim drh H Sumarsongko, Sekretaris Dinas PKH Kaltim Fadli, Dinas PKP Samarinda Maskuri, Kepala UPTD RPH Samarinda drh Kartika, Ketua Juleha DWP Kaltim Khairul Anam dan Ketua Dakwah Sembelih Halal Kaltim Muhammad Subni. (Bgs/ty)