Pertanian

Kukuhkan DPW Perhiptani Kaltim, Isran Minta Penyuluh Pertanian Miliki Strategi

  •   prabawati
  •   10 Oktober 2022
  •   12:48pm
  •   Pertanian
  •   1111 kali dilihat

 

Samarinda - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (DPP Perhiptani) yang juga Gubernur Kaltim H Isran Noor resmi mengukuhkan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perhiptani Kalimantan Timur periode 2022-2027.

Pengukuhan dirangkai dengan pengukuhan DPP Koperasi Konsumen Perhiptani diketuai Hasan Latuconsina, yang dilaksanakan di Pendopo Odah Etam Kantor Gubernur Kaltim, Senin (10/10).

Usai pengukuhan Ketua Umum DPP Perhiptani Isran Noor menyerahkan bendera pataka Perhiptani kepada Ketua DPW Perhiptani Kaltim Siti Farisyah Yana.

Menurutnya, petani dan penyuluh dinilai memiliki peran yang sangat strategis untuk pembangunan pertanian di Tanah Air. Peran tersebut menjadi sangat penting dalam kondisi sekarang.

"Gunakanlah strategi yang baik, para penyuluh hidup dengan strategi," terang Isran.

Penyuluh jangan hanya meningkatkan produksi dengan baik dan meningkatkan ekonomi, bukan hanya itu, yang dilakukan, ini sudah ketinggalan zaman harus dirubah caranya.

Dalam berstrategi harus tau apa yang bisa dilakukan, karena hidup itu yang terpenting adalah berstrategi.

Peran penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini dengan memberikan edukasi dan solusi bagi para petani salah satunya dengan strategi.

Perhiptani Kaltim juga saya imbau agar dalam program kerjanya juga tidak lupa menaruh perhatian pada rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Republik Indonesia di Kaltim, karena bisa dipastikan kebutuhan pangan akan semakin meningkat yang harus segera dibarengi dengan persiapan dan memberi dukungan pada Pemerintah untuk memperkuat Kedaulatan Pangan.

Tambahnya, koperasi yang dibentuk oleh Perhiptani dapat digunakan sebagai wadah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama anggota koperasi.

"Koperasi ini kecil tapi kalau dia bergerak keseluruhan akan menjadi besar,"tuturnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Balai Besar Peramalan Organisasi Pengganggu Tumbuhan (BBPOPT) Jakarta Enie Tauruslina Amarullah, Ketua Dewan Pengurus Wilayah Provinsi Sumatera Yulisman serta Forkopimda Kaltim

Sedangkan hadir secara Online Ganeral Manager Padi dan Beras Borneo H. Jumaat Bin Ibrahim serta Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementan Jakarta. (Prb/ty).