Perkebunan

Seleksi Sekda, Enam Calon Lanjut Ke Tahap Penulisan Makalah

  •   prabawati
  •   27 Desember 2021
  •   4:46pm
  •   Perkebunan
  •   282 kali dilihat
  •  

Samarinda -  Proses seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim lanjut ketahap seleksi penulisan makalah.

Seleksi penulisan makalah ini diikuti enam pelamar yang telah dinyatakan lolos oleh panitia seleksi (pansel) di tahap sebelumnya, yaitu seleksi administrasi dan uji kompetensi (assessment) yang dilaksanakan di Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) BKN di Jakarta.

“Saya mengucapkan selamat kepada pelamar yang lolos seleksi administrasi dan seleksi kompetensi sebelumnya. Pada saatnya nanti ada 3 yang terbaik dan hanya akan dipilih satu yang definitif (Sekda),” ucap Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa`bani yang juga selaku Sekretaris pansel saat membuka seleksi penulisan makalah yang dilaksanakan di Ruang CAT (Computer Assisted Test) UPTD Penilaian Kompetensi BKD Kaltim, Senin (27/12).

Tiga terbaik nanti lanjutnya, akan dikirim ke pemerintah pusat melalui gubernur Kaltim, sementara salah satu terbaik pilihan maupun keputusan mutlaknya ada di Presiden RI.

Lalu ia juga menambahkan, usai mengikuti tahap seleksi penulisan makalah ini pelamar akan maju ke tahap selanjutnya yaitu seleksi wawancara yang dijadwalkan pada tanggal 4 Januari 2022 di Kantor BKD Kaltim.

Nanti saat wawancara insyaallah pansel akan hadir lengkap, semoga kawan-kawan pelamar semua dalam keadaan sehat hingga tahap akhir,” harapnya.

Saat menyampaikan tata tertib, Sa`bani juga meminta agar para pelamar dapat menuangkan atau mengekspresikan gagasan dan pikirannya melalui penulisan makalah.

Adapun tema makalah disampaikan Sa`bani yaitu “Strategi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan provinsi Kalimantan Timur yang professional, transparan, dan berorientasi pada pelayanan publik".

Pelamar diberikan waktu selama dua jam untuk menulis makalah menggunakan PC Komputer yang disediakan.

“Silahkan membuat judul makalah masing-masing sesuai tema yang sudah ditentukan,” tambah Sa’bani.

Berikut enam pelamar yang ikut seleksi penulisan makalah ini,terdiri dari Agus Hari Kesuma (Kepala Dinsos Kaltim), Diddy Rusdiansyah (Kepala BKD Kaltim), Ismiati (Kepala Bapenda Kaltim), M Nurdin (Staf ahli Menteri Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), Riza Indriadi (Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kaltim), dan Sri Wahyuningsih (Kadis Pariwisata Kaltim). (BKDKaltim/Prb/ty).