Perkebunan

Dinas Perkebunan Kaltim Launching Toko Kebun

  •   ade putri
  •   29 Oktober 2021
  •   4:46pm
  •   Perkebunan
  •   186 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim bekerja sama dengan Four Points By Sheraton Hotel Balikpapan melakukan Gerakan Pengadaan Workshop Pengolahan dan Pemasaran Perkebunan, di Ballroom Hotel Four Points Balikpapan, baru-baru ini.

Kegiatan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara General Manager (GM) Four Points By Sheraton Hotel Balikpapan,  Jufri Sakka dengan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, Ujang Rahmat yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Kaltim, H Hadi Mulyadi.

Workshop diikuti secara offline dan online selama dua hari dengan tujuan memberikan Pelatihan tentang pengelolaan produk serta memberikan wawasan cara membuka pasar.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan Workshop tersebut sekaligus melaunching Toko Kebun e-commerce Kaltim yang merupakan sarana promosi distribusi dan pemasaran Produk Unggulan Perkebunan yang diolah oleh UKM di Kaltim.

Dia menjelaskan bahwa Dinas Perkebunan melalui program-programnya sudah banyak yang dilakukan tetapi pada ujungnya terkendala pada pemasaran komoditi produk perkebunan yang telah dikembangkan.

“Untuk itu kami memberikan akses dan fasilitas kepada para perkebunan yang ada di Kaltim yang sudah mengolah produknya sehingga tidak ada lagi kendala untuk memasarkan,” jelas Ujang.

Ujang menuturkan ini merupakan strategi yang dikembangkan jadi tujuanya tidak lain untuk memberikan fasilitasi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kaltim melalui usaha perkebunan.

“Ternyata pasar itu menjadi battle next untuk usaha perkebunan dihulunya, jadi kalau pemasarannya lancar dan produksinya bagus maka komoditi petani dan produksinya makin banyak lagi,” ujarnya.

Menurutnya strategi seperti ini sangatlah menjanjikan, semua hotel di Kaltim akan bisa memanfaatkan dan menggunakan produk hasil perkebunan tersebut. (ade/pt)