Perikanan

Yulia Zubir Akmal Berikan Dukungan TP PKK Kaltim di Ajang Lomba Masak Harkannas 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   20 November 2023
  •   6:04pm
  •   Perikanan
  •   375 kali dilihat

Jakarta – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Kaltim, dr. Yulia Zubir Akmal memberikan dukungan penuh pada perwakilan Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh TP PKK Kota Balikpapan dalam Ajang Lomba Masak Hari  Ikan Nasional (Harkannas) 2023.

Gelaran Hari  Ikan Nasional diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada 19-21 November 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta. Kegiatan tersebut diisi dengan pasar ikan murah, lomba masak ikan, expo produk perikanan, hingga bagi-bagi ikan gratis.

Untuk rangkaian lomba masak ikan, seluruh provinsi di Indonesia berpartisipasi dalam lomba tingkat nasional tersebut pada Senin (20/11/2023).

Provinsi Kaltim diwakili TP PKK Kota Balikpapan, mengingat  TP PKK Balikpapan merupakan pemenang lomba masak ikan tingkat provinsi. Pada lomba ini, TP PKK Kota Balikpapan menyajikan menu yang dinamai Mahligai Nusantara.

Istri Pj Gubernur Kaltim, dr. Yulia Zubir Akmal tampak hadir dengan didampingi Ketua TP PKK Balikpapan Hj. Nurlena Rahmad Mas’ud beserta rombongan lainnya. Ia menyempatkan diri untuk mengunjungi stan lomba masak provinsi Kaltim sekaligus memberikan semangat kepada  para peserta.

"Semangat ya," serunya sesaat sebelum lomba dimulai.



Setelah melalui proses penjurian, dr. Yulia Zubir Akmal berkesempatan mencicipi beberapa jenis masakan yang diolah oleh perwakilan Kaltim tersebut. Menu yang disajikan terbagi dalam tiga kategori, yakni menu balita, menu kudapan  hingga menu keluarga.

"Enak loh, ternyata. Beneran enak. Ini puddingnya padahal ada bahan dasar ikannya, tapi nggak terasa atau nggak ada bau  ikan sama sekali. Enak banget," pujinya.

Bahkan dr. Yulia Zubir Akmal  juga sempat berkelakar jika nanti pulang dari Jakarta, TP PKK Balikpapan sebaiknya membuka usaha restoran menu serba ikan.

"Wah, nanti pulang ke Balikpapan bisa ini buka restoran. Menunya ini saja. Serius enak-enak semua loh," kata dr. Yulia Zubir Akmal kepada Tim TP PKK Balikpapan.


Pihaknya optimis jika perwakilan Kaltim di ajang lomba masak tingkat nasional ini mampu meraih gelar juara. Akan tetapi, dirinya juga mengingatkan kepada seluruh tim untuk tidak berputus asa jika hasilnya tak sesuai harapan.

"InsyaAllah juara ya. Semangat ya!!!. Tapi kalau tidak pun setidaknya sudah menjadi juara di hati kita semua," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo menyampaikan bahwa kegiatan Harkannas yang bertajuk "Ikan untuk Generasi Emas" ini tidak hanya kegiatan demo masak ikan dan expo produk perikanan, tetapi juga ada kegiatan pembagian ikan gratis, pasar ikan murah, hiburan dan doorprize, serta aktivasi digital yang bisa diikuti di tempat acara.
 
Tahun ini, lanjut dia, turut diagendakan Pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 oleh Menteri Kelautan dan Perikanan pada puncak peringatan Harkannas tanggal 21 November 2023 di Lapangan Banteng Jakarta.
 
"Intinya kita ingin mengajak masyarakat untuk merasakan kecintaan terhadap ikan dengan makan beraneka olahan ikan," jelasnya. (NR/MediaKaltim/Diskominfo)